Belajar Saham; 5 Istilah dalam Saham yang Populer

by -0 Views
istilah dalam saham

Media Investasi – Istilah dalam saham menjadi penting untuk diketahui para pelaku investasi pada instrumen ini. Mengacu pada arti yang berkaitan dengan istilah istilah ini, maka investor tidak hanya perlu mengenali, tetapi juga memahami untuk dapat mengambil keputusan dengan tepat. Sebagai gambaran, inilah 5 istilah populer yang ada pada investasi saham.

5 Istilah dalam Saham yang Wajib Anda ketahui

Belajar Saham; 5 Istilah dalam Saham yang Populer

Saham atau efek sebagai salah satu instrumen investasi yang banyak digunakan oleh investor. Jika Anda ingin terjun dalam investasi di pasar efek, maka perlu untuk mengetahui istilah yang berkaitan dengannya. Sebenarnya ada banyak sekali istilah pada dunia saham. Tetapi berikut ini 5 istilah dalam saham yang banyak dibicarakan oleh para investor.

Istilah dalam Saham Akuisisi

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan istilah ini. Akuisisi berarti perusahaan membeli sebagian besar saham dari perusahaan lain. Sehingga perusahaan ini menjadi pemilik mayoritas atas saham emiten atau perusahaan bersangkutan.

Bursa Efek

Jika diibaratkan, bursa efek ini sebagai pusat dari perdagangan. Di mana sekuritas sebagai toko dan emiten sebagai produknya. Bursa efek tentu menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang untuk terjadinya transaksi jual dan beli.

Capital Gain

Semua investor pasti ingin untung dalam setiap investasinya. Begitu juga dengan pelaku investor saham. pada dunia saham, keuntungan dari transaksi saham disebut dengan istilah capital gain.

Istilah ini merujuk pada selisih harga beli dan harga pasar saat dijual. Jika lebih besar dan memberikan keuntungan maka bisa disebut capital gain.

Buyback

Biasanya saham yang ada di pasaran nilainya bisa tidak stabil. Untuk menghindari itu, maka emiten akan melakukan pembelian kembali saham yang telah ada di publik. Peningkatan pembelian akan mendorong harga kembali naik dan stabil. Ini biasa terjadi dan banyak dilakukan oleh emiten-emiten.

Cut Loss

Berbeda dengan capital gain, cut loss ini cenderung merupakan kerugian yang dialami oleh para pemegang saham. Terjadi ketika harga terus turun dan berada di bawah harga beli saham. Sehingga untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi, pemegang memilih untuk menjualnya meski merugi supaya tidak semakin merugi karena menahan saham di harga rendah.

Selain lima istilah dalam saham di atas, masih banyak lagi istilah yang sering digunakan oleh para investor. Namun, 5 istilah itu yang paling populer dan banyak dipelajari oleh investornya. Meski begitu, analisis tetap harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menyimpan saham dalam jumlah besar.

Baca juga Mengenali Kriteria Saham Blue Chip

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author