Kripto dan Saham Pilih Mana?

by -1 Views
litecoin g20ea783f2 1920

MediaInvestasi – Instrumen kripto dan saham merupakan salah satu investasi high risk-high return. Disamping imbal hasil yang diberikan tinggi, tersimpan resiko yang juga tinggi. Kenali lebih jauh keduanya, dan tentukan investasi mana yang sesuai profil risiko.

Potensi Kripto dan Saham Sebagai Instrumen Investasi 

Kripto dan Saham Pilih Mana?

IMF menjelaskan bahwa kripto dan saham cenderung dinamis pergerakannya pasca The Fed berencana menaikkan suku bunga. Sehingga kombinasi kripto dan saham ini akan menciptakan hubungan yang sama-sama beresiko bagi sistem keuangan. 

Tahun 2022 merupakan tahun yang sangat sulit bagi kripto untuk tetap bertahan. Guncangan pandemi dan sejumlah kebijakan di berbagai negara, berdampak penurunan drastis harga koin ini. Hal tersebut bertolak belakang dari Oktober 2021, dimana kripto mengalami masa kejayaannya. Harga kripto bahkan mencapai valuasi tertinggi di tahun 2021 lalu. 

Kebijakan The Fed yang mempercepat kenaikan suku bunga, menyebabkan penurunan drastis pada harga sejumlah aset. Hal tersebut diungkap Tobias Adrian, Direktur Departemen Militer dan Pasar Modal IMF. 

Adrian belum bisa memastikan kapan pasar akan kembali stabil. Bank saat ini hanya memiliki sedikit eksposur terhadap kripto. Apalagi keterbukaan data tampaknya belum terstandarisasi, sehingga sulit sekali memprediksi bagaimana fenomena kripto kedepannya. 

Lain hal dengan saham. Agaknya dibanding pergerakan kripto, saham sedikit lebih stabil. Apalagi saham sangat berhubungan erat dengan kinerja suatu perusahaan. Fundamental perusahaan yang bagus, cenderung menghasilkan harga saham yang relatif stabil. Hal ini terlihat dari kestabilan saham-saham LQ45 yang memiliki kinerja yang baik meski di tengah guncangan pandemi. 

Tentang Saham

Saham merupakan tanda bahwa seseorang telah menginvestasikan uangnya kepada perusahaan tertentu. Saham sangat erat kaitannya dengan perusahaan yang telah mempublikasikan diri untuk melantai di bursa efek. 

Kinerja saham kurang lebih dipengaruhi oleh sentimen masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Kinerja saham akan berpengaruh kepada minat masyarakat untuk membeli sahamnya. Naik turunnya permintaan jual beli akan berlaku searah dengan harga saham tersebut di pasar modal. 

Mengenal Kripto

Mata uang kripto merupakan aset digital yang dirancang bekerja sebagai media pertukaran secara elektronik. Media ini menggunakan kriptografi yang kuat guna mengamankan transaksi keuangan. Tercetaknya uang kripto, juga dapat dikontrol. Selain itu koin ini juga dapat digunakan sebagai verifikasi data aset. 

Berinvestasi di kripto dan saham sebenarnya sama-sama baik. Hanya saja yang perlu digaris bawahi, keduanya memiliki resiko tinggi. Sebaiknya dalam berinvestasi, investor melakukan deversifikasi, atau pembagian dana ke beberapa instrumen. Sehingga dapat meminimalkan resiko jika terjadi kerugian di salah satunya. 

Baca Juga: Cara Investasi Crypto yang Mudah Bagi Pemula

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author