Negara Yang Legalkan Bitcoin: Ada 4 Contohnya

by -1 Views
Negara yang Legalkan Bitcoin

MediaInvestasi – Negara yang legalkan Bitcoin untuk transaksi digital ada beberapa. Meskipun cukup populer, legalitas mata uang kripto, termasuk Bitcoin, masih kerap menjadi perdebatan sejumlah negara. Aspek yang menjadi perdebatan adalah soal harganya yang cenderung sangat fluktuatif. 

Di Indonesia, perdagangan mata uang kripto diatur oleh lembaga khusus, yakni  Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Bisa dibilang Indonesia pun belum termasuk negara yang legalkan Bitcoin sepenuhnya untuk transaksi maupun investasi. 

Daftar Negara yang Legalkan Bitcoin di Dunia

bitcoin g125255f9a 1280

Keberadaan Bitcoin sebagai mata uang dan aset investasi memang penuh pro dan kontra. Ada negara yang mendukung keberadaannya. Namun ada juga yang melarang. Berikut adalah negara yang melegalkan keberadaan Bitcoin :

Amerika Serikat

Amerika Serikat cenderung memberi kebijakan yang positif terhadap keberadaan Bitcoin. Meskipun memang pemerintah USA cenderung mendorong pencegahan atau pengurangan pemakaian mata uang kripto untuk transaksi.

Beberapa perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat seperti Overstock, Microsoft dan Subway, juga sudah menerima sistem pembayaran memakai Bitcoin. Tak hanya Bitcoin saja, berbagai mata uang digital juga diperbolehkan di pasar derivatif.

Kanada
bitcoin ge55e0ffce 1280

Sama halnya dengan Amerika Serikat, Kanada juga mempunyai sistem pendekatan kebijakan yang cenderung mendukung Bitcoin. Jenis mata uang kripto ini bahkan dipandang sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan oleh regulator setempat. 

Australia

Selanjutnya, ada negara Australia yang juga turut melegalkan keberadaan Bitcoin. Tak jauh beda dengan Kanada, Australia tidak memandang sebelah mata Bitcoin serta aset kripto lain untuk alat transaksi ataupun aset investasi.

Bahkan Australia memiliki lembaga khusus untuk mengatur keberadaan Bitcoin dan sejenisnya. Adapun lembaga yang dimaksud adalah Kantor Perpajakan Australia (ATO). Tugasnya sebagai regulator untuk mengatur aset yang ditarik pajak capital gain.

Uni Eropa

Terakhir adalah negara dalam Uni Eropa yang mendukung Bitcoin. Ada lembaga bernama European Court of Justice (ECJ) yang juga mengatur pembelian dan penjualan mata uang kripto.

Itu tadi adalah negara yang legalkan Bitcoin untuk keperluan investasi ataupun transaksi digital pada umumnya. Bagaimana menurutmu? Apakah Indonesia seharusnya juga melegalkan Bitcoin dan mata uang digital lainnya?

Baca juga: Russia Banned Crypto, Mengikuti Jejak China Sebelumnya

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author