Mengenali Kriteria Saham Blue Chip

by -2 Views
saham blue chip

Media Investasi – Saham blue chip banyak diburu karena menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang yang menjanjikan. Produk saham satu ini menjanjikan keuntungan yang stabil bagi para investornya. Simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian stock kategori blue chip beserta ciri-cirinya.

Pengertian Saham Blue Chip

Blue chip adalah kategori emiten yang menggiurkan untuk dimiliki oleh para investor. Jenis saham satu ini berasal dari perusahaan dengan reputasi tinggi yang memiliki pendapatan stabil. Perusahaan yang menerbitkan saham ini umumnya mampu bertahan di berbagai kondisi ekonomi, sehingga harganya jarang sekali anjlok.

Mengenali Kriteria Saham Blue Chip

Ciri-Ciri Emiten Kategori Blue Chip

Tidak semua saham masuk ke dalam kategori ini karena emiten bersangkutan perlu memiliki tingkat keamanan berlapis. Ada ciri-ciri tertentu sebagai tanda saham blue chip yang bisa dipelajari oleh para investor. Berikut ini penjelasan terkait beberapa ciri-ciri dari emiten dalam kategori blue chip.

Pemimpin di Sektor Industrinya

Ciri pertama, perusahaan yang menerbitkan saham merupakan pemimpin di sektor industrinya. Perusahaan tersebut telah lama berdiri dan beroperasi, sehingga mengalami perkembangan yang pesat. Blue chip berasal dari emiten atau perusahaan yang sudah terdaftar lebih dari 5 tahun di BEI.

Likuiditas Tinggi

Kedua, efek dalam kategori blue chip memiliki likuiditas yang tinggi karena dimiliki oleh banyak investor sekaligus sudah terdaftar di BEI. Blue chip berpotensi memiliki nilai tinggi ketika dijual kembali.  Selain itu, saham dalam kategori blue chip ini sulit untuk dimanipulasi oleh orang lain.

Kinerjanya Positif dan Harganya Mahal

Ciri terakhir, saham ini memiliki kinerja positif, salah satunya dalam segi keuangan dimana perusahaan penerbitnya hanya mempunyai sedikit hutang. Perusahaan tersebut dapat menumbuhkan keuntungan setiap tahun, meskipun kondisi ekonomi mengalami perubahan. Hal ini juga yang mendasari mengapa mayoritas saham tersebut harganya mahal.

Saham blue chip merupakan salah satu produk investasi yang layak dipertimbangkan karena menawarkan keuntungan kedepannya. Investor bisa memilih saham dari perusahaan yang memiliki performa bagus dan selalu bertahan. Saham yang berkualitas cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Baca juga Apa Itu Saham Bonus? Pahami Tujuannya Di Sini

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author