Tips Memilih Saham Untuk Investasi Jangka Panjang

by -0 Views
saham untuk investasi

Media Investasi – Hingga sekarang saham untuk investasi adalah instrumen yang paling banyak diburu oleh para investor. Tidak lain karena potensi nilai imbal hasil yang begitu besar. Terutama jika mampu memilih saham yang punya prospek cerah. 

Sayangnya, berinvestasi saham untuk jangka panjang bukan perkara yang mudah. Tentunya ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Begitu juga dengan berbagai resiko yang bisa saja dialami di masa mendatang.

Tips Memilih Saham Untuk Investasi Jangka Panjang

Supaya tidak salah pilih memilih saham, tentunya Anda harus tahu tipsnya terlebih dahulu. Berikut tips menentukan kriteria saham yang paling bagus untuk investasi :

Teliti Market Cap Perusahaan

Untuk langkah awal investasi, Anda dapat memulai investasi dengan analisa market dahulu. Awali Dengan analisa kapitalisasi pasar, lihat indikasi mengenai ukuran perusahaan atau emiten saham. Begitu juga persentase pemegang saham emiten tersebut.

Perusahaan yang mempunyai nilai kapitalisasi besar merupakan perusahaan yang sehat. Hal tersebut karena pendapatannya cenderung stabil dan pendanaan dari investor juga besar.

Lihat laba dan pendapatan perusahaan

Selanjutnya, Anda juga harus melihat tren pendapatan serta laba perusahaan yang ingin diinvestasikan. Untuk laba, biasanya yang ditampilkan adalah laba satu tahun sebelumnya atau tahun berjalan. Termasuk pula laporan keuangan dan struktur permodalan  sebagai perbandingannya.

Dari data inilah, Anda bisa melihat tren pertumbuhan perusahaan tersebut. Data ini yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan analisis fundamental. 

Dari tren laba dan pendapatan perusahaan, Anda juga bisa tahu perusahaan yang punya prospek menjanjikan. Sehingga tidak akan tertipu dengan perusahaan yang katanya bagus tapi nyatanya jelek.

Harus mulai belajar analisis teknikal dan fundamental

Saat ingin memulai investasi saham, Anda juga harus mulai belajar analisa juga. Tujuannya supaya tidak salah menentukan saham yang mau dipilih. Juga bisa meminimalisir kerugian suatu hari nanti.

Analisa saham ada dua, yakni fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental merupakan aspek untuk mempelajari kelayakan perusahaan untuk investasi. 

Biasanya perusahaan hang punya fundamental baik bisa menjadi pilihan untuk investasi. Sedangkan teknikal adalah membaca tren harga saham di pasar saham.

Sekarang Anda sudah punya modal menentukan saham untuk investasi. Memasuki dunia saham untuk investasi jangka panjang jelas membutuhkan persiapan dan kematangan. Karena potensi keuntungan dan resiko kerugian yang cukup besar.

Baca juga Apakah Investasi Saham Halal? Ketahui 3 Unsurnya

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author