Langkah Awal Memulai Trading Saham bagi Pemula

by -0 Views
blur g2d743eeb9 1920

MediaInvestasi – Langkah awal memulai trading saham yang benar seringkali menjadi hal membingungkan terutama bagi pemula. Dalam mengawali trading saham, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini mengenai tahapan yang perlu dilakukan dalam memulai trading saham.

Langkah Awal Memulai Trading Saham dengan Mendalami Pengetahuan Analisa Market

Langkah Awal Memulai Trading Saham yang Harus Diperhatikan Pemula

Tahap pertama adalah mendalami pengertahuan tentang apa itu trading saham serta bagaimana cara menganalisa pasar. Pemula perlu mempelajari mengenai apa saja kelebihan, kekurangan, serta resiko dalam trading saham. Selain itu, pelajari juga mengenai bagaimana cara melakukan order yang benar.

Berikutnya, pemula perlu mempelajari mengenai bagaimana cara menganalisa pasar untuk mengetahui pergerakan harga saham. Trader memerlukan analisa pasar tersebut untuk menentukan keputusan saat harga saham naik atau turun. Selain itu, trader juga perlu mempelajari mengenai cut loss yang harus diambil ketika order ternyata menemui kerugian.

Menyiapkan Modal

Langkah awal memulai trading saham yang selanjutnya adalah menyiapkan modal terlebih dahulu. Apabila Anda masih pemula, maka bisa memulai trading dengan modal yang rendah sekaligus untuk mempelajari cara kerjanya. Besarnya minimum modal untuk memulai trading ini berdasarkan pada ketentuan broker yang sudah dipilih.

Mempelajari Jenis Saham dan Instumen di Pasar Modal

Selanjutnya, trader perlu mempelajari apa saja jenis saham serta instrumen yang ada di dalam pasar modal. Pelajari jenis saham dengan likuiditas tinggi dan kategori blue chip karena akan berpotensi menguntungkan. Hindari jenis saham gorengan karena berpotensi mengalami pergerakan naik turun secara tiba-tiba.

Memilih Broker yang Tepat

Setelah mempelajari pengetahuan yang dibutuhkan, saatnya untuk memilih broker sebagai perantara transaksi. Pilihlah perantara yang sudah memiliki legalitas dan izin berjalan guna memastikan keamanannya. Broker trading saham yang baik akan memberikan saran saham berkualitas serta menyediakan banyak fasilitas menarik. Selain itu, trader berkualitas hanya akan memberikan bunga margin dengan persentase rendah.

Langkah awal memulai trading saham sebenarnya cukup sederhana, asalkan mempraktekkannya dengan teliti. Trader harus rajin mempelajari dan mendalami pengetahuan tentang trading saham guna mengasah skillnya. Selain itu, trader juga harus pandai membaca peluang sebelum melakukan order.

Baca Juga: Belajar Saham Dari Nol, 5 Cara Wajib Anda Kuasai

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author