Pembayaran Gaji Dengan Bitcoin, Apa Dampaknya Bagi Pekerja?

by -0 Views
Pembayaran Gaji Dengan Bitcoin

Meningkatnya kepopuleran cryptocurrency membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan transaksi keuangan menggunakan salah satu asetnya. Termasuk yang sedang dipertimbangkan oleh beberapa perusahaan asing. Mengikuti jejak SC5 yang berasal dari Denmark yaitu melakukan pembayaran gaji dengan Bitcoin.

Mengenal Pembayaran Gaji Dengan Bitcoin 

Pembayaran Gaji Dengan Bitcoin. Apa Dampaknya Bagi Pekerja?

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sejumlah perusahaan mulai melakukan pembayaran gaji dengan Bitcoin. Ditambah dengan munculnya berbagai macam platform yang menjadi mitra penghubung pencari kerja dengan perusahaan yang menginginkan pembayaran upah menggunakan cryptocurrency.

Platform Pembayaran Gaji Cryptocurrency

Coinality merupakan salah satu platform penyedia lowongan pekerjaan yang pembayarannya dilakukan menggunakan aset kripto. Jasa ini sudah ada sejak September 2013 dan membantu lebih dari 4 ribu orang mendapatkan pekerjaan.

Kemudian terdapat Bitpay dan Bitwage yang merupakan penyedia jasa layanan konversi gaji menjadi Bitcoin. Bitway yang berdiri sejak 2011 memiliki dua jenis layanan yang diunggulkan yaitu Zaman dan Incoin. Sementara Bitwage memiliki Bitcoin Payroll for the Individual.

Kesepakatan Pembayaran Gaji

Besarnya Bitcoin yang digunakan sebagai payroll disesuaikan dengan nilai aset digital pada waktu yang telah disepakat. Jika nilai Bitcoin menyentuh angka 10 ribu US dollar, maka gaji pekerja tersebut akan langsung dikonversikan. Ia akan menerima Bitcoin senilai 0,1.

Jika pekerja memilih untuk menjual aset digital tersebut, maka ia akan menerima sejumlah uang yang setara dengan gajinya dalam Bitcoin. Proses pengkonversian inilah yang  harus dicermati oleh pekerja, sehingga akan saling menguntungkan.

Pihak Pro dan Kontra

Meskipun demikian, model pembayaran gaji baru ini memiliki pro dan kontranya sendiri. tentu saja pihak yang pro akan melihatnya dari berbagai keuntungan yang dapat dinikmati, baik oleh perusahaan atau karyawan dan sebaliknya.

Menurut pihak yang pro, keuntungannya adalah adanya kemudahan dalam penggunaannya, ditambah dengan minimnya biaya yang harus dikeluarkan. Serta dapat menarik bakat-bakat yang menguasai teknologi. Terlebih lagi, model ini akan mendorong pertumbuhan teknologi blockchain dan Bitcoin yang digunakan.

Dengan adanya tren pembayaran gaji dengan Bitcoin, maka dapat mengubah semua transaksi keuangan pegawai. Apakah Anda siap untuk mengikutinya?

Baca juga : Apa Itu Mata Uang Kripto? Baca Di Sini!

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author