Indocement Akuisisi Saham Cipta Armada Bersama

by -8 Views
saham Cipta Armada Bersama

Media Investasi – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) tampaknya terpikat dengan bisnis sektor pelayaran dengan mengakuisisi saham Cipta Armada Bersama. Transaksi pada tanggal 27 januari 2022 lalu ini dilakukan melalui anak perusahaan Indocement, PT Bahana Indonor.

Proses Akuisisi Saham Cipta Armada Bersama

Menurut laporan keterbukaan informasi pada Minggu 30 Januari 2022, PT Cipta Armada Bersama yang sebelumnya menjadi milik dari PT Kapal Mini Indonesia dan Winarto Asnim telah diserahkan kepemilikannya kepada pihak PT Bahana Indonor dan PT Sari Bhakti Sejati.

Sementara itu, pihak PT Bahana Indonor dan PT Sari Bhakti Sejati sendiri tidak memiliki afiliasi apapun dengan pihak PT Cipta Armada Bersama. Juga tidak ada catatan afiliasi dengan pihak pemilik awal yakni PT Kapal Mini Indonesia dan Winarto Asnim.

Serah terima kepemilikan ini melalui prosedur penjualan saham kepemilikan dengan nilai Rp 2,5 milyar. Untuk diketahui bahwa PT Bahana Indonor sendiri merupakan perusahaan anak dari PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). Sehingga secara tidak langsung, perusahaan pelayaran ini sekarang berada dalam naungan Indocement.

Menurut laporan liputan6, Transaksi ini tidak masuk dalam nominal transaksi material yang mengacu kepada nilai ekuitas perseroan yang dilaporkan pada laporan keuangan tahun 2020 sebesar Rp 22,17 triliun.

Bagaimana Prospek Ke Depan dari Proses Akuisisi Ini?

Bagi pihak Indocement selaku entitas utama yang mendanai aktivitas akuisisi ini, tentu besar harapan proses pemindahan kepemilikan saham Cipta Armada Bersama ini akan memberi pengaruh positif terhadap bisnis usaha. Secara tidak langsung PT Cipta Armada Bersama ini kini berada sebagai salah satu anak perusahaan dari Indocement.

Perusahaan yang bergerak pada sektor industri semen dan batu bara akan sangat membutuhkan layanan transportasi terpadu yang dapat mensuport lalu lintas produk. Keberadaan perusahaan pelayaran dalam grup akan menjadi salah satu sarana penting untuk kelancaran lalu lintas produk.

Bagi Indocement atau INTP, akuisisi saham ini jelas memberi potensi besar untuk perkembangan bisnis usaha. Sehingga ada potensi akan terjadi pergerakan naik atas saham INTP sebagai respon positif terhadap langkah entitas ini mengakuisisi saham Cipta Armada Bersama.

Baca juga Harga Saham BVIC, IHSG Mulai  Menggiring

(red/pni)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author