Cara Investasi Reksadana dari Nol Agar Sukses

by -2 Views
mutual funds gf23ce0a56 1920 1

MediaInvestasi – Cara investasi reksadana merupakan hal penting sebelum memutuskan untuk menanamkan modal yang dimiliki. Investasi reksa dana kini dapat dijalankan dari rumah saja mulai dari proses pendaftaran hingga mendapatkan keuntungan. Simak penjelasan berikut ini mengenai bagaimana cara memulai investasi reksadana.

Cara Investasi Reksadana dengan Menetapkan Tujuan

Cara Investasi Reksadana dari Nol Agar Sukses

Hal pertama, investor harus menentukan tujuannya terlebih dahulu agar bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik. Jangan hanya berpatokan ingin mendapatkan keuntungan besar saja, tetapi tetapkan tujuan yang spesifik. Penetapan tujuan ini merupakan hal penting guna membantu aktivitas investasi nantinya tetap bisa terarah dengan baik.

Memilih Platform Investasi

Cara investasi reksadana selanjutnya, yaitu memilih platform yang terpercaya dan melakukan pendaftaran akun. Pilihlah platform yang sudah terbukti legalitasnya, sehingga investor bisa menanamkan dananya dengan aman. Sebab, nantinya pihak yang mengelola dana tersebut adalah manajer investasi dari platform pilihan.

Setelah menemukan platform yang tepat, maka saatnya untuk mulai membuat akun investasi reksadana. Pada saat proses pembuatan akun ini membutuhkan data diri lengkap dan KTP. Setelah itu, akan ada proses verifikasi selama 1 hari kerja agar akun bisa digunakan.

Mulai Transaksi Reksadana

Berikutnya, investor bisa langsung memilih produk reksadana di platform yang sudah dipilih. Pastikan Anda sudah melakukan analisis terlebih dahulu mengenai potensi resiko dan keuntungan reksadana tersebut. Lalu, lakukan transaksi pembelian reksadana dan selesaikan pembayaran sesuai pilihan metode yang tersedia.

Memantau Pergerakan Reksadana

Langkah terakhir, investor harus memantau pergerakan reksadananya terutama jika memiliki target jangka panjang. Akan ada laporan bulanan yang menginformasikan terkait pergerakan investasi reksadana tersebut. Selain itu, investor juga bisa membagi modalnya di beberapa produk reksadana sekaligus guna memperbesar peluang keuntungan. Hal ini memudahkan investor untuk mencapai targetnya karena keuntungan investasi reksadananya berpeluang jauh lebih besar dibandingkan hanya mengandalkan satu produk saja.

Cara investasi reksadana sebenarnya cukup mudah dipahami dan bisa menghasilkan keuntungan. Asalkan pada saat eksekusi transaksi investor bisa melakukan analisis untuk memilih produk reksadana yang berpotensi menguntungkan. Reksadana merupakan salah satu pilihan investasi yang bisa membantu finansial masa depan Anda.

baca Juga: Cara Kerja Reksadana, Investor Wajib Paham

Author