Cara Kerja Reksadana, Investor Wajib Paham

by -1 Views
shopping cart ged852df38 1920

MediaInvestasi – Investasi reksadana saat ini memang sedang banyak diminati apalagi dengan kemudahan transaksi secara online. Cara kerja reksadana perlu dipahami terlebih dahulu oleh investor agar tidak bingung dengan perputaran modalnya. Simak penjelasan di bawah ini mengenai serbi produk reksadana.

Cara Kerja Reksadana Secara Sederhana

Cara Kerja Reksadana, Investor Wajib Paham

Kinerja reksadana sebenarnya tergantung pada manajer investasi yang bertugas mengelola modal dari pemilik dana. Investor hanya bertugas menyerahkan sejumlah uang dan menitipkannya kepada manajer investasi. Semantara tugas dari manajer, yaitu mengelola dana tersebut agar bisa mendapatkan return atau imbal hasil.

Dana yang sudah dihimpun dari investor ditempatkan pada berbagai jenis produk, mulai dari deposito berjangka, saham, obligasi, dan SBI. Manajer investasi juga berperan untuk memantau portofolio produk yang sedang menjadi incaran. Setelah itu, pihak tersebut berkewajiban untuk memberikan laporan berkala kepada pemilik dana. Laporan ini berisi mengenai pengembangan modal yang sudah diinvestasikan apakah sudah mengalami kenaikan atau belum.

Sistem Kerja Reksadana Obligasi

Cara kerja reksadana obligasi adalah dengan memberikan bunga kepada manajer investasi dengan memberikan kupon. Setelah itu, kupon tersebut akan kembali diinvestasikan dalam bentuk obligasi lainnya. Hal ini juga tetap memperhatikan naik turunnya harga obligasi yang dipilih oleh manajer investasi.

Sementara pembagian keuntungan kepada investor dilakukan ketika modal untuk reksadana obligasi ini semakin berlipat ganda. Apalagi jika harga obligasi sedang naik, maka keuntungan dari investasi reksadana cukup besar. Akan tetapi, investor tidak hanya memainkan peran dalam pengelolaan obligasi tersebut.

Tempat Membeli Reksadana

Saat ini sudah tersedia banyak platform yang mendukung kemudahan untuk membeli reksadana. Investor bisa membeli reksadana melalui perangkat komputer atau ponselnya dengan bantuan platform secara online. Tak hanya mudah, pembelian reksadana secara online juga tidak memakan banyak waktu.

Mengetahui cara kerja reksadana merupakan hal penting agar Anda tidak asal dalam menanamkan modal. Pelajari cara terlebih dahulu, lalu tentukan apakah investasi reksa dana ini berpotensi menghasilkan timbal balik kedepannya. Selain itu, juga di mana platform terpercaya yang bisa digunakan untuk membeli dana.

Baca Juga: Hukum Reksadana dalam Islam, ini Fatwa MUI

Author