Harga Saham Sampoerna Goyah?

oleh -5 Dilihat
Harga Saham Sampoerna

MediaInvestasi – Kementerian Keuangan resmi menaikan bea cukai rokok per Januari 2022. Tidak tanggung-tanggung mencapai 12% per batang. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap sentimen publik. Sehingga mengguncang harga saham Sampoerna.

Kenaikan Bea Cukai terhadap Harga Saham Sampoerna

Harga Saham Sampoerna Goyah?

Isu kenaikan Bea Cukai oleh Kementerian Keuangan RI, Sri Mulyani sebenarnya sudah didengungkan sejak Desember lalu. Kini pemerintah telah benar-benar menaikan bea cukai rokok sebesar 12% per Januari 2022. Hal ini tentu saja merupakan guncangan keras bagi industri rokok di Indonesia. Serta agaknya berpengaruh terhadap harga saham Sampoerna dengan kode (HMSP) tersebut.

Menyikapi hal tersebut PT. Hanjaya Mandala Sampoerna, Tbk., segera melakukan penyesuaian harga rokok yang agresif. Langkah ini dinilai cepat dan efektif untuk kestabilan harga rokok di pasaran.

Tidak semua jenis rokok mengalami kenaikan Bea Cukai 12%. Produk SKT (Sigarete Kretek Tangan) yang dibuat manual oleh pekerja, kenaikan hanya 5%. Hal ini dilakukan pemerintah agar tidak membawa efek besar bagi para buruh. Bahkan total buruh untuk Sampoerna sendiri mencapai 65.000 orang.

Menurut beberapa analisa ahli investasi, kedepannya saham rokok masih tetap berpotensi mengalami kenaikan. Bagaimanapun, rokok merupakan penyumbang pendapatan terbesar. Bahkan hingga lebih dari 95% dari keseluruhan bea cukai pemerintah.

Apalagi diprediksi pemerintah tidak akan menaikan rokok SKT tahun depan. Sehingga Sampoerna dapat mendulang lebih banyak keuntungan dari produk SKT ini. Diprediksi tahun ini Sampoerna akan tetap mampu memberikan laba untung bagi investornya.

Untuk bulan lalu harga saham sampoerna memang sempat alami goncangan akibat pengumuman tersebut. Namun beberapa ahli investasi masih menganggap saham HMSP tetap layak dikoleksi. Pasar rokok di Indonesia masih sangat besar peluangnya. Kenaikan bea cukai kemungkinan tidak akan menurunkan minat seseorang berhenti merokok.

Sementara untuk harga saham Sampoerna di bursa efek, berpotensi akan mengalami kenaikan jangka pendek. Target yang dicapai sekitar Rp.1.150 per saham. Hal ini dikarenakan adanya pemulihan ekonomi tingkat lanjut yang dilakukan pemerintah. Selain itu sentimen publik terhadap PT. Hanjaya Mandala Sampoerna, Tbk., masih sangat baik.

Meski harga saham Sampoerna diperkirakan akan naik, lakukan analisa untuk menentukan harga jual dan beli terbaik. Sehingga keuntungan dapat dimaksimalkan. Berinvestasi saham memang dapat memberikan imbal hasil besar. Namun tentunya hal ini diikuti oleh resiko yang juga tinggi. Tetap lakukan analisa sebelum memutuskan memasukan dana di instrumen apapun.

Baca juga : Cek Harga Saham Tinggal Pilih Situs BEI atau IDX

Author