Pajak Aset Kripto India Besarnya 30 Persen!

by -1 Views
Pajak Aset Kripto India

MediaInvestasi – Akhirnya pemerintah negara film bollywood ini mengumumkan rencananya untuk mengutip pajak aset kripto India  pada semua cryptocurrency. termasuk di dalamnya adalah NFT.  Langkah ini diambil untuk mengikuti kebijakan global tentang hal-hal yang berhubungan dengan transaksi keuangan digital.

Apa Itu Pajak Aset Kripto India

Pajak Aset Kripto India Besarnya 30 Persen!

Bersamaan dengan rencana peluncuran uang digitalnya, pemerintah akhirnya akan mengambil Pajak Aset Kripto India pajak aset kripto sebesar 30 persen yang dihitung sebagai PPh. Kebijakan tersebut sudah diumumkan pada pidato anggaran negara.

Pengamat menilai bahwa kebijakan tersebut merupakan sebuah langkah yang cepat yang mengadopsi ekosistem perkembangan aset digital. Terlebih lagi Bank Sentral India telah memperingatkan dengan keras adanya potensi risiko. Dan ini akan ditanggung oleh negara serta berkaitan dengan aktivitas aset kripto.

Potensi risiko yang mungkin saja terjadi, antara lain adalah pencucian uang, pendanaan aksi teroris, dan tingginya volatilitas nilai dari harga aset tersebut. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah harus merumuskan regulasi yang tepat untuk melindungi sistem keuangan negara.

Pendapatan Aset Digital 

Dengan adanya regulasi ini, maka aturan tersebut menempatkan pendapatan atas cryptocurrency dan NFT  akan menjadi pita pajak aset kripto  paling tinggi di negara tersebut. Kerugian dari penjualan yang dilakukan juga tak dapat dimbangi dengan pemasukan serta pemberian disentif yang lainnya. Termasuk untuk transaksi perdagangan dan investasi atas aset digital.

Menurut perkiraan, nilai investor kripto di India mencapai hingga 5,37 miliar dollar AS. Dengan jumlah pemilik sebanyak 15 juta hingga 20 juta investor. Suatu kemajuan tersendiri terhadap industri keuangan kripto.

Rencana Rupee Digital

Pemerintah India telah memastikan bahwa pada tahun 2022 hingga 2023 Bank Sentral India akan memperkenalkan mata uang digitalnya sendiri, yaitu Rupee Digital. Sama dengan aset kripto, aset digital tersebut juga diciptakan dengan memanfaatkan teknologi blockchain yang umum digunakan untuk membuat koin crypto.

Dengan adanya pengenaan pajak aset kripto India, maka hal ini dianggap sebagai suatu langkah positif akan adanya pengesahan cryptocurrency. Bisa jadi masa mendatang pun hal yang dialami oleh komunitas cryptocurrency di Indonesia.

Baca juga : Algoritma Konsensus, Holder TCW Token Wajib Memahaminya

Author