PPATK Awasi Transaksi Kripto Usai Raker Komisi 3

by -1 Views
bitcoin g99d61f548 1280

MediaInvestasi – PPATK awasi transaksi kripto demi keamanan dan kenyamanan para investor dalam transaksinya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kegiatan kripto di Indonesia sulit dibendung. Jumlah investor saat ini mencapai 7 juta orang dan tentunya perlu perhatian ekstra dari pemerintah di dalamnya.

Raker PPATK Awasi Transaksi Kripto

PPATK Awasi Transaksi Kripto Usai Raker Komisi 3

Anggota DPR dari komisi tiga yaitu Sahroni mengatakan bahwa PPATK awasi transaksi kripto. Hal ini karena rawan umumnya transaksi kripto ditunggangi dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

“Ketua PPATK perlu mengantisipasi hal-hal terkait transaksi pendanaan kegiatan terorisme. Dan meningkatkan pengawasan pada aktivitas jual beli kripto,” ujar Sahroni. Perihal ini diungkapkan saat dia memimpin Rapat Kerja Komisi 3 DPR yang dihadiri oleh ketua PPATK di kompleks parlemen, Jakarta.

Syahroni menegaskan bahwa Transaksi kripto dan pendanaan kegiatan terorisme menjadi sorotan publik. Kegiatan terorisme perlu mendapat perhatian karena terlihat senyap di permukaan. Akan tetapi, di dalam pengelolaan keuangan ada transaksi keuangan ilegal yang tersembunyi.

“Saya ingin membahas yang sedang ‘hot’ sekarang ini yaitu terkait dengan transaksi kripto dan terorisme yang dalam perjalanan kelihatannya sepi. Tapi bisa jadi ada pengelolaan transaksi keuangan secara ilegal yang banyak tidak kita ketahui.” Begitulah Sahroni mengungkapkan kekhawatirannya.

Karena hal itulah Sahroni ingin PPATK tidak lengah dan terus memantau. Barangkali di dalam transaksi terdapat permainan yang mengalirkan dana pidana kemana-mana.

Ivan Yustiavandana selaku kepala PPATK mengatakan sudah melakukan beberapa langkah antisipasi untuk transaksi kripto dan NFT yang berkemungkinan ilegal. Dalam raker ketua PPATK ini menjelaskan bahwa dia setuju dengan “new payment methods” atau metode baru pembayaran. PPATK awasi transaksi kripto. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua negara harus siap dengan antisipasinya begitu pula Indonesia.

“PPATK mengerti bahwa sekarang kita sudah tidak masuk dalam era pencucian uang 4.0. Tapi lebih kepada pencucian 5.0,” ujarnya kala itu.

PPATK mengantisipasi hal ini dengan beberapa hal seperti riset independen dan riset internasional dengan menjalin kerjasama dengan 12 negara. PPATK juga sudah melakukan antisipasi dengan cara cara menyebarkan rekomendasi terkait transaksi kripto.

Itulah sekelumit mengenai PPATK awasi transaksi kripto untuk mencegah transaksi ilegal. PPATK juha sudah melakukan langkah nyata dengan sosialisasinya. PPATK awasi transaksi kripto. PPATK awasi transaksi kripto. PPATK awasi transaksi kripto. PPATK awasi transaksi kripto.

Baca Juga: Crypto Mining Farm: 6 Tahap Mudah

Author