Saham IDX HIDIV 20 Yang Baru Dirilis Mulai ADMF hingga ANTM

by -3 Views
Saham IDX HIDIV 20

Belum lama ini Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi mayor pada indeks High Dividend 20 atau yang lebih dikenal dengan saham IDX HIDIV 20 yang sering menjadi buruan investasi para investor. Konstituen indeks ini bakal mulai efektif dari 4 Februari sampai 2 Agustus 2022. 

Apa Itu Saham IDX HIDIV 20 

Saham IDX HIDIV 20 Yang Baru Dirilis Mulai ADMF hingga ANTM

Sekadar informasi, IDX HIDIV20 adalah indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 20 saham pilihan yang membagikan dividen tunai 3 tahun terakhir. Sekaligus juga memiliki dividend yield yang tinggi dibanding saham lainnya di IDX.

Berdasarkan pengumuman yang diberikan BEI Jumat (27/1), setidaknya ada empat stock yang menjadi penghuni baru dari IDX HIDIV 20. Empat saham tersebut adalah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan juga PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA).

Saham yang telah disebutkan di atas tersebut bakal menggantikan yang keluar dari saham IDX HIDIV 20. Yakni, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan juga PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Dengan adanya pergantian tersebut, HIDIV 20 tetap dihuni oleh 20 saham terbaik yang menawarkan deviden yield tinggi. Jadi, Anda yang mencari saham dengan dividen besar, IDX HIDIV ini bisa menjadi incaran.

Adapun IDX HIDIV20 biasanya mendapat evaluasi sampai empat kali satu tahun. Di mana setiap evaluasi tersebut masing-masing dilakukan dua kali evaluasi yakni mayor dan minor. 

Evaluasi Saham IDX

Evaluasi mayor memiliki tujuan untuk memilih saham konstituen indeks untuk periode berikutnya yang disertai dengan penyesuaian jumlah saham untuk indeks atau bobot dari konstituen saham itu sendiri.

Hal tersebut sangat berbeda dengan evaluasi minor. Dimana evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan jumlah saham yang masuk ke dalam indeks berdasarkan bobot konstituen tanpa adanya pemilihan konstituen indeks untuk periode selanjutnya.

Itu tadi kabar saham IDX HIDIV 20 yang perlu Anda perhatikan. Deviden yang diberikan memang besar sehingga cocok untuk passive income para investor.

Baca juga : Saham DCII Naik Menggerek Saham IDX Teknologi

Author