Tips Belajar Saham Pemula yang Harus Dipahami

by -1 Views
Tips Belajar Saham Pemula

MediaInvestasi – Bagi orang yang ingin berinvestasi atau trading secara digital, ada tips belajar saham pemula yang penting untuk dipahami. Pemula perlu mengenali apa itu saham terlebih dahulu sebelum mencobanya langsung di pasar. Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa tips belajar yang penting untuk diketahui oleh pemula.

3 Tips belajar Saham Pemula

Tips Belajar Saham Pemula yang Harus Dipahami

Agar Anda dapat memulai investasi saham, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah mempelajari cara dan metode analisisnya. Jangan sampai mengambil keputusan transaksi yang salah hanya karena tidak tepat menerjemahkan trend.

Mencari Pengetahuan Sebanyak Mungkin

Tips pertama, pemula harus mencari pengetahuan sebanyak mungkin tentang saham dari berbagai sumber. Selain itu, mencari relasi rekan yang sudah lama bergabung di dunia saham.Tujuannya tentu saja untuk dijadikan sebagai tempat berdiskusi dan menemukan ilmu baru seputar saham.

Pelajari mengenai apa saja jenis saham serta karakteristiknya agar nantinya tidak salah dalam menentukan pilihan. Selain itu, perkaya diri dengan mempelajari strategi trading dan investasi saham. Proses belajar ini tidak bisa berjalan dengan instan, meskipun nantinya Anda akan mencoba transaksi saham secara langsung.

Memahami Keuntungan dan Resiko Saham

Tips belajar saham pemula selanjutnya, yaitu memahami keuntungan dan resiko ketika bertransaksi. Pemula perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapatkan apabila memutuskan menjadi trader dan investor saham. Misalnya, investor saham akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari RUPS.

Selain itu, return  juga bisa diperoleh dari capital gain dimana ketika nantinya produk tersebut dijual harganya lebih tinggi daripada saat membelinya. Saham juga tetap memiliki potensi resiko, salah satunya likuiditas. 

Realistis dan Mengelola Ekspektasi

Tips terakhir, pemula harus mulai mempelajari bagaimana cara berpikir realistis dan mengelola ekspektasinya terhadap saham. Sebab, ketika berinvestasi maupun trading saham pastinya membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan. 

Beberapa tips belajar saham pemula tersebut perlu dipelajari dengan baik untuk mempersiapkan diri sebelum terjun langsung di pasar global. Saat mempelajari saham, berarti pemula juga harus mencari tahu informasi seputar perusahaan penerbitnya.

Baca juga : Harga Saham Sampoerna Goyah?

Author