Apa Itu Kripto dan Bitcoin? Belum Paham? Baca Dulu di Sini

oleh -0 Dilihat
Apa Itu Kripto dan Bitcoin

MediaInvestasi – Seiring dengan merebaknya NFT, makin banyak orang yang penasaran dengan apa itu kripto dan Bitcoin? Mengapa pesonanya begitu membius kaum muda dan para investor lama untuk mengalihkan aset instrumen investasi ke dalam cryptocurrency.

Apa Itu Kripto dan Bitcoin Aset Digital

Apa Itu Kripto dan Bitcoin? Belum Paham? Baca Dulu di Sini

Diakui atau tidak, masa pandemi ini adalah waktu kebangkitan bagi cryptocurrency. Pasalnya, masyarakat mulai banyak mengenal tentang kripto dan Bitcoin ketika mulai working from home.

Dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah, tentu ini menjadi kesempatan emas untuk melirik perkembangan dunia investasi. Dan disinilah para investor mulai mempelajari tentang aset digital. Salah satunya adalah Bitcoin.

Tentang Kripto

Apa Itu Kripto dan Bitcoin? Belum Paham? Baca Dulu di SiniKripto atau cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang dibangun pada suatu sistem yang disebut dengan blockchain yang bersifat terdesentralisasi. Pembuatannya tidak sembarangan melainkan menggunakan metode yang dikenal dengan kriptografi. Disinilah awal mula penamaan cryptocurrency.

Oleh karenanya, semua koin kripto yang dihasilkan oleh berbagai rantai blok, tidak dapat dikendalikan oleh otoritas keuangan atau pemerintah. Melainkan oleh penggunanya dalam suatu ekosistem kripto.

Sistem ini hampir mustahil untuk diretas, karena amat sulit dan memerlukan sarana dan prasarana yang mumpuni. Penyebabnya adalah adanya persamaan matematika yang rumit, setiap kali akan menghasilkan koin kripto. Terlebih lagi, diperlukan seperangkat peralatan yang memenuhi spesifikasi tertentu untuk memecahkan masalahnya.

Mengenal Bitcoin 

Bitcoin merupakan  mata uang digital yang pertama kali diciptakan pada rantai bloknya sendiri oleh seseorang yang misterius. Sampai saat ini, nilai dari koin kripto ini telah mengalami kenaikan berlipat-lipat sejak diluncurkan. 

Dengan tren yang terus naik, maka tak dapat disangkal bahwa Bitcoin tetap akan menjadi salah satu mata uang kripto yang akan selalu jadi incaran. Tak salah lagi, jika para investor cryptocurrency memiliki aset digital ini walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Pembahasan tentang apa itu kripto dan Bitcoin akan lebih lengkap jika Anda bergabung dalam komunitas cryptocurrency. Setelah itu, barulah memutuskan aset digital mana yang akan menjadi instrumen investasi Anda.

Baca juga : Ethereum Price Hari Ini, 1 Koinnya Berapa?

Author