Apa Itu Saham Cabe Rawit? Ikuti Kiprahnya Di Awal Tahun 2022

by -27 Views
Apa Itu Saham Cabe Rawit

Tahun 2022 baru berjalan sekitar 1 bulan dan saham saham cabe rawit mulai menunjukan kiprahnya. Apa itu saham cabe rawit? Bagaimana membedakannya dari saham saham lain? Dan seperti apa kiprahnya di awal tahun 2022?

Apa Itu Saham Cabe Rawit? Kenali Cirinya

Apa Itu Saham Cabe Rawit? Ikuti Kiprahnya Di Awal Tahun 2022

Sebenarnya penyebutan saham cabe rawit tidak pernah secara official diberikan. Penyebutan ini menjadi julukan bagi jenis emiten yang dalam kategori saham lapis kedua. Apa itu saham cabe rawit sebenarnya? Mengapa saham lapis kedua mendapat sebutan tersebut?

Cabe rawit digambarkan sebagai jenis cabe dengan ukuran kecil tetapi pedasnya lebih menggigit. Rasa pedasnya jauh lebih kuat dari cabe cabe lain yang berukuran lebih besar.

Saham lapis kedua merupakan kumpulan saham dari emiten berukuran menengah. dari sisi perkapalan termasuk kecil menengah dengan cakupan usaha yang relatif menengah. Namun geliatnya di pasar saham cukup menjanjikan.

Bahkan acapkali jajaran saham lapis kedua ini membukukan kenaikan yang cukup signifikan. Emiten ini memiliki tingkat likuiditas tinggi dan dianggap berpotensi menjanjikan capital gain cukup baik. Biasanya, kita melihat pergerakan dari indeks IDX SMC Liquid sebagai parameter.

Bagaimana Geliat Emiten Lapis Kedua Ini Di Awal 2022?

Meski pada tahun 2021 lalu, perusahaan dari lapis kedua ini tampak menarik banyak peminat. Anda bisa melihat riwayat penjualan saham yang terjadi pada indeks IDX SMC Liquid tahun lalu yang sepertinya mayoritas berwarna hijau.

Tampaknya tahun 2022 ini menjadi titik balik dari situasi tersebut. Bahkan, BEI menghapus sederet perusahaan yang tampaknya berat bergerak naik untuk jajaran indeks IDX SMC Liquid Februari – Maret 2022. Setidaknya terdapat 8 emiten yang terhapus digantikan oleh 13 anggota baru.

Bila Anda lihat, 13 anggota baru berasal dari berbagai sektor. Namun secara umum masih sama dengan sektor sejumlah emiten yang juga terdepak di akhir bulan lalu. Ini memberi cukup indikasi sebenarnya.

Bahwa pasar sejatinya masih membaca situasi, baik situasi ekonomi akibat omicron, baik pada perusahaan keuangan dan ritel. Juga melihat sejumlah situasi produk komoditas yang tampak bergejolak di awal tahun. Ini merubah arah pasar, tetapi sebenarnya seluruh jajaran saham cabe rawit baik di dalam indeks maupun di luar masih berpotensi.

terjawab sudah apa itu saham cabe rawit dan cara mengenali kriterianya. Serta bagaimana potensi pergerakannya dalam pasar saham dalam awal 2022 ini.  

Baca juga : Saham Emiten CPO, Berikut Prospek dan Analisanya

Author