Aset Kripto Menghijau, Ternyata Kuat Menahan Goncangan

by -1 Views
Aset Kripto Menghijau

MediaInvestasi – Januari lalu pasar kripto sempat berdarah-darah. Isu The Fed, serta penolakan sejumlah negara, membuat harga koin digital ini ambles. Namun hal tersebut rupanya tidak berlangsung lama. Awal Februari aset kripto menghijau kembali.

Aset Kripto Menghijau, Tim Hold Cuan

Aset Kripto Menghijau, Ternyata Kuat Menahan Goncangan

Kebijakan Bank Sentral Amerika, The Fed untuk menaikan suku bunga memang sempat membuat harga kripto ambles. Akibatnya para pemodal besar melakukan sejumlah penarikan aset digital, sehingga harga koin mendadak anjlok. Tak pelak hal ini membuat market berdarah.

Investor koin digital yang tetap bertahan untuk tidak cut loss Januari lalu, tampaknya kini bisa bernafas lega. Pasalnya sejumlah aset kripto menghijau dan mengalami penguatan. Solana (SOL) tampak memimpin barisan dengan penguatan tertinggi mencapai 6.68 persen sehari. Sehingga dalam sepekan genap menjadi 17.17 persen.

Fluktuasi Koin Kripto

Tidak mau ketinggalan, Cardano (ADA) dan Polkadot (DOT) juga kurun 24jam masing-masing menguat 4.15 persen dan 4.13 persen. Kenaikan total minggu ini mencapai 4.98 persen dan 8.13 persen. Untuk senior kripto, Bitcoin (BTC) per 24 jam menguat 4.34 persen, dan 7.20 persen dalam seminggu ini. Disusul Ethereum (ETH) naik 2.67 persen sehari. Sepekan naik hingga 12.77 persen.

Namun ada beberapa koin yang masih lesu. Theter (USDT) sedikit turun 0.02 persen, penurunan stabil dalam sepekan hanya 0.01 persen. USD Coin (USDC) juga terpantau turun 0.08 persen sehari dan 0.10 persen seminggu.

Dilihat keseluruhan, rata-rata kripto menguat 5.96 persen dalam sehari dengan kapitalisasi mencapai US$1.65 triliun.

Pergerakkan Kripto di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perdagangan kripto diregulasi oleh BAPPEBTI, sebagai pengawas perdagangan komoditi berjangka. Meski pemerintah melarang penggunaannya sebagai alat bayar, tapi koin ini masih bisa digunakan sebagai aset. Sejumlah negara seperti Rusia, China, dan Amerika pun demian. Hal ini dilakukan agar tidak menggeser kekuatan mata uang asli negara mereka.

Investasi kripto memang cenderung high risk-high return. Sehingga cocok bagi investor yang menyukai tantangan. Jadi tidak mengherankan pergerakan market sangat fluktuatif. Jika saat ini minus, tidak menutup kemungkinan aset kripto menghijau lagi dalam kurun beberapa hari.

Baca juga : Coal Crypto Adalah Aset Digital Pilihan

Author