Bandar Saham Indonesia, Menguntungkan atau Merugikan?

by -5 Views
Bandar Saham Indonesia

MediaInvestasi – Para investor yang terbiasa melakukan transaksi di lantai bursa pasti sudah mengenal bandar saham Indonesia. Ini jamak diketahui, karena seringkali informasi tentang informasi saham beredar di sekitarnya.

Apa Itu Bandar Saham Indonesia

Bandar Saham Indonesia, Menguntungkan atau Merugikan?

Bandar saham Indonesia merupakan pihak yang mempunyai dana yang cukup untuk membeli saham dalam jumlah besar. Mereka dapat berupa sekelompok orang, lembaga tertentu, atau hanya individu.

Dengan banyaknya saham dan uang yang dimilikinya, maka para bandar dapat mengontrol harga sesuai dengan keinginannya. Tujuannya hanya satu, yaitu meraup keuntungan sebanyak mungkin.

Target Bandar Saham

Berdasarkan informasi, bandar saham ini biasanya mengincar saham-saham kecil. Alasannya adalah harga efek tersebut masih dapat bergerak. Dengan nilainya yang kecil itu, bandar pun tidak membutuhkan dana yang besar untuk pemborongnya. Sehingga, pada saat harga sudah dapat dikendalikan, maka return yang akan didapat akan besar.

Lain lagi dengan nilai saham yang besar. Maka, bandar pun akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk membelinya serta menggerakkan harga. Secara prinsip, mereka membeli ketika saham memiliki nilai yang sangat rendah. Kemudian, dibeli dalam jumlah yang sangat besar, ribuan, atau ratusan lot sekaligus.

Tentu saja pembelian dalam jumlah yang sangat besar ini akan diketahui oleh investor lainnya. Maka, mereka akan berpikir bahwa saham tersebut berpotensi mengalami tren naik, sampai mencapai harga tertingginya. Selanjutnya, para investor akan menduga bahwa ada peluang untuk menanamkan modal pada perusahaan tersebut.

Selanjutnya dapat ditebak, para investor kemudian akan membeli saham yang sama dengan transaksi para bandar. Padahal mungkin saja efek tersebut belum terbukti memberikan kinerja yang baik dalam sisi teknikal dan fundamental. Akhirnya, seperti hukum ekonomi, karena permintaan semakin tinggi, maka harganya pun mengikuti.

Pada saat harga sudah tinggi, bandar akan melepas saham tersebut yang tadi dibeli dengan harga rendah. Sehingga ia mendapatkan margin atas penjualan tersebut. Namun, tidak demikian dengan investor yang membeli saham dengan nilai yang sudah tinggi.

Bagi para investor, agar tidak terjebak pada permainan bandar saham Indonesia ini, selalu memilih saham yang mempunyai kinerja baik. Hal ini dapat dilihat mulai dari sisi fundamental dan teknikalnya.

Baca juga : Tips Belajar Saham Pemula yang Harus Dipahami

Author