Bitcoin atau Emas? Pilihan Instrumen Investasi Anda

by -0 Views
Bitcoin atau Emas

MediaInvestasi – Emas sejak dulu telah menjadi pilihan investasi. Namun, kemunculan Bitoin lebih menarik perhatian. Sehingga para investor mulai mempertimbangkannya sebagai salah satu instrVmen investasi. Bitcoin atau emas, adalah pilihan investasi terbaik pada masa ini.

Tentang Bitcoin atau Emas

Bitcoin atau Emas? Pilihan Instrumen Investasi Anda

Bitcoin merupakan solusi bagi mereka yang ingin bertransaksi tanpa adanya bank sebagai pihak ketiga. Dengan begitu, transaksi dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah. Juga memiliki sistem pengamanan kriptografi sehingga sering juga disebut cryptocurrency. Meski adalah mata uang, aset kripto ini hanya tersedia dalam bentuk digital, tanpa fisik sama sekali.

Lain halnya dengan emas. Logam mulia ini memiliki bentuk fisik bahkan dapat dipakai sebagai perhiasan. Disebut logam mulia karena emas memiliki sifat istimewa yaitu anti karat. Sifat ini membuatnya tidak mudah bereaksi dengan zat lain.

Selain mengoleksi emas dalam bentuk fisik, kini emas juga bisa dimiliki dalam bentuk digital. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli emas secara digital. Baiknya lagi, emas digital ini juga dapat dicetak dengan syarat minimal berat tertentu. Jika sudah dicetak, tentu investor dapat menyimpan emas dalam wujud fisiknya.

Pilih Bitcoin atau Emas?

Bitcoin dengan sistemnya yang tidak melibatkan pihak ketiga dalam transaksi, menyebabkan harganya sangat fluktuatif. Kenaikan yang sangat tinggi tidak jarang turun drastis tiba-tiba. Adanya isu dan sentimen publik tertentu kerap kali sangat berpengaruh terhadap harga Bitcoin.

Sementara harga emas, cenderung lebih stabil dibanding Bitcoin. Harga emas mengikuti nilai inflasi, sehingga capital gainnya baru dapat dirasa jika disimpan selama lebih dari lima tahun. Sehingga jika menyimpan emas dalam jangka pendek, keuntungannya cenderung tidak terasa.

Namun biasanya harga emas akan naik di waktu-waktu tertentu. Kenaikan ini biasanya terjadi jika ada isu krisis moneter. Hal tersebut terjadi karena pada saat krisis, orang-orang cenderung mencari investasi yang paling aman. Investasi emas menawarkan keamanan tersebut, dibanding instrumen lainnya.

Jadi Bitcoin atau emas? Semua tergantung profil risiko masing-masing. Bitcoin cocok bagi mereka yang suka tantangan dan resiko tinggi. Sementara emas kebalikannya. Namun untuk berinvestasi, sebaiknya investor melakukan pemerataan portofolio di beberapa instrument. Sehingga resiko dapat diminimalkan.

Baca juga : Bandar Besar Kripto Bitcoin, Terbanyak Bukanlah Tesla

Author