Daftar Saham Margin Terbaru Februari 2022

by -11 Views
Daftar Saham Margin

MediaInvestasi – Akhirnya Bursa Efek Indonesia memberikan daftar efek atau daftar saham margin terbaru yang dapat dilakukan transaksi serta dijamin. Pengumuman ini untuk periode transaksi perdagangan efek Februari 2022.

Mengenal Daftar Saham Margin Terbaru 

Daftar Saham Margin Terbaru Februari 2022

Transaksi margin adalah sebuah layanan yang diberikan kepada investor atau nasabah sebuah sekuritas. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membeli saham dengan nilai yang lebih besar daripada modalnya sendiri.

Selain itu pula, diinformasikan bahwa terdapat 5 efek yang keluar dari Daftar Saham Margin Terbaru saja diumumkan. Kelimanya adalah PT MNC Vision Network, Tbk (IPTV), PT MNC Studios International Tbk (MSIN), dan PT Pyridam Farma Tbk (PYFA). Dua terakhir adalah PT Sumber Global Energy Tbk (SEGAR), dan terakhir adalah PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO).

Sementara. terdapat 3 saham baru yang masuk ke dalamnya, yaitu PT Arita Prima Indonesia Tbk (APII), PT Sinergi Inti Plastindo Tbk (EJIP), dan PT Inocycle Technologi Group (INOV).

Keterbukaan Informasi Transaksi

BEI  memberikan penjelasan bahwa proses transaksi margin ini kembali diberlakukan untuk mendukung keberlangsungan market agar tetap kondusif. Pasalnya keadaan pasar modal dalam negeri dan pasar modal global sedang mengalami tekanan akibat dari pemerintah menetapkan kondisi darurat melawan pandemi Covid-19.

Pihak Bursa Efek Indonesia pun menegaskan bahwa tidak ada daftar efek yang dapat ditransaksikan secara jual kosong atau yang lebih dikenal dengan short selling.  Hal ini akan wajib dipatuhi sampai adanya perubahan di masa mendatang. 

Dari daftar saham yang dikeluarkan oleh BEI tersebut diketahui bahwa yang dapat dilakukan transaksi adalah perusahaan sekuritas Anggota Bursa (AB). Ketentuannya adalah memiliki nilai modal kerja bersih disesuaikan atau MKBD sebesar Rp250 miliar dengan jumlah 189 saham.

Sementara, khusus untuk AB yang mempunyai MKBD dengan nilai di bawah Rp250 miliar terdapat 42 saham yang termasuk ke dalam indeks LQ45. Seluruhnya termasuk ke dalam daftar 189 saham yang telah disebutkan di atas.

Dengan diterbitkannya daftar margin saham, maka investor dapat lebih leluasa untuk melakukan transaksi perdagangan. Baik melalui perusahaan sekuritas atau sebagai broker.

Baca juga : Bobbles Crypto Tik Tok, Bikin Rugi Atau Untung Daftar Saham Margin Terbaru 

Author