Jual Beli Saham Patuhi Aturannya dan  Bersiaplah Menangguk Untung

by -0 Views
Jual Beli Saham

MediaInvestasi – Jual beli saham merupakan salah satu cara meraup keuntungan dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui, mana yang boleh dilakukan, dan mana yang terlarang, agar prosesnya cepat dan lancar.

Aturan Jual Beli Saham

Jual Beli Saham Patuhi Aturannya dan  Bersiaplah Menangguk Untung

Sama dengan transaksi perdagangan yang lainnya, jual beli saham pun memiliki aturannya sendiri. Peraturan ini sudah diatur oleh undang-undang untuk melindungi para investor. Oleh karenanya, pahami mana yang dapat dilakukan dan terlarang. 

Modali Diri dengan Ilmu yang Cukup

Jangan pernah mencoba untuk melakukan transaksi saham hanya dengan modal pas-pasan apalagi sama sekali tidak menguasai ilmunya. Tanpa pengetahuan yang cukup, Anda akan berpotensi melakukan kesalahan dalam menganalisa pergerakan saham yang fluktuatif. Akibatnya bisa jadi, Anda akan salah mengambil kesimpulan.

Persiapkan Mental

Selain pengetahuan tentang saham yang tinggi, Anda pun harus memiliki mental baja. Ini menjadi wajib, karena transaksi yang melibatkan saham mempunyai risiko yang tinggi, namun sebanding dengan hasilnya. 

Sewaktu-waktu saham yang Anda miliki karena berbagai faktor dapat mengalami lonjakan yang cukup tinggi, sehingga mendapatkan margin, dan dapat meraup keuntungan. Namun, persiapkan diri jika yang  terjadi adalah sebaliknya. Nilai saham yang Anda miliki dapat turun drastis dalam sekejap. 

Sudah dijelaskan di atas bahwa investasi saham memiliki risiko yang amat besar, walaupun mempunyai potensi keuntungan yang sama. Dengan berhutang, maka Anda akan memiliki beban untuk mengembalikan dengan bunganya. 

Mungkin Anda berpikir mudah sekali untuk mendapatkan dana pengembaliannya, dengan anggapan bahwa semua transaksi yang dilakukan membawa keuntungan. Bagaimana jika yang terjadi kebalikannya? Karena setiap transaksi perdagangan pun berpotensi rugi.

Sebaiknya pertimbangkanlah sumber dana yang akan dimanfaatkan untuk melakukan transaksi saham ini. Usahakan uang tersebut merupakan uang dingin yang jika terjadi loss, maka tata kelola keuangan Anda tidak ikut hancur.

Aturan jual beli saham harus Anda pahami dengan baik.Sebelum terjun ke dalamnya, persiapkan diri dengan ilmu tentang saham yang cukup serta mental baja. Agar jika terjadi loss, Anda tidak goyah. Pun sebaliknya jika mendapatkan return, dapat mengolahnya dengan baik.

Baca juga : Daftar Saham Margin Terbaru Februari 2022

Author