Rupee Digital India Segera Diluncurkan

by -0 Views
 Rupee Digital India

MediaInvestasi – Bank Sentral India resmi meluncurkan Bank Sentral Cryptocurrency. Bank ini akan memproduksi Rupee digital India. Hal ini akan membiasakan masyarakat untuk bertransaksi secara digital sesuai perkembangan zaman. Dengan begitu perekonomian negara dapat ditingkatkan.

Perilisan Rupee Digital India

 Rupee Digital India Segera Diluncurkan

Rencananya Rupee digital akan dikeluarkan pertama kali pada 1 April, tahun keuangan 2022-2023 oleh Central Bank Digital Currency India. Mata uang ini dinilai lebih efisien dan manajemen keuangannya mudah.

Untuk mendorong masyarakat melek ekonomi digital, Reserve Bank of India juga mulai melakukan sejumlah langkah. Strategi implementasi bertahap akan dilaksanakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap uang tunai dan beralih ke digital.

Keunggulan uang digital tentu saja lebih murah, karena tidak perlu mengeluarkan biaya pencetakan. Uang digital ini juga tidak rusak sehingga tidak membutuhkan dana tambahan. Selain itu kepraktisannya menjadi keunggulan yang akan disukai masyarakat modern.

Namun antusiasme masyarakat tampaknya agak berkurang. Pasalnya India berencana mengenakan pajak 30% pada setiap transaksi virtual yang berlangsung. Tingginya pajak tersebut mengundang kekhawatiran sejumlah kalangan. Hal tersebut dinilai malah akan meredam transaksi perdagangan di India.

Jika pajak terlalu tinggi, maka masyarakat akan beralih ke mata uang digital lain dan meninggalkan Rupee. Bahkan sejenak setelah informasi ini dirilis di media, harga bitcoin mengalami perlonjakan hinggan 2 persen.

Adanya kemungkinan pencucian uang dengan Rupee digital India, sepertinya juga menambah PR India untuk menyikapinya. India memang belum memiliki Undang-Undang yang mengatur perdagangan koin digital. Sehingga sulit mengambil sikap jika terjadi pelanggaran-pelanggaran yang merugikan negara.

Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan pecinta kripto India untuk tetap mengoleksi sejumlah koin. Bahkan sempat terjadi kenaikan transaksi aset virtual di negara tersebut. Tingginya frekuensi tersebut membuat India harus segera mengurus regulasi yang jelas.

Selain India, negara lain seperti China dan Amerika pun telah lebih dulu meluncurkan versi digital mata uangnya. Hanya tinggal menunggu waktu sehingga semua negara akan mengikuti. Rupee digital India setidaknya merupakan langkah konkret pemerintah untuk tidak ketinggalan terhadap perubahan.

Baca juga : Coal Crypto Adalah Aset Digital Pilihan

Author