Teknologi Metaverse di Perbankan, Apa Perannya?

by -17 Views
Teknologi Metaverse di Perbankan

MediaInvetasi – Pengalaman di dunia imajinatif, metaverse menjadi hal yang menarik. Sehingga menggunakan teknologi metaverse di perbankan dinilai efektif meningkatkan jumlah nasabah. 

Tentu hal ini merupakan hal ini disambut antusias oleh sejumlah bank. Apalagi sekarang bank konvensional pun telah merambah menjadi bank digital.

Tentang Metaverse

Teknologi Metaverse di Perbankan, Apa Perannya?

Metaverse merujuk pada dunia virtual yang dihuni oleh para avatar manusia sungguhan. Istilah ini muncul pertama kali tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya. Metaverse kemudian dipakai pendiri Facebook, Mark Zuckerberg untuk menamai project dunia digital yang dibuatnya.

Gencarnya iklan mengenai metaverse oleh facebook, membuat istilah ini kemudian bergeser. Metaverse kini dianggap sebagai dunia virtual 3D seperti memasuki layar perangkat. Sehingga tidak sekedar menatap layar, tetapi benar-benar memasukinya.

Singkatnya teknologi metaverse di perbankan juga akan menciptakan dunia komunitas virtual yang tidak ada ujungnya. Semua terhubung jadi satu tanpa batasan. Dalam dunia metaverse, avatar dapat melakukan kegiatan sehari-hari layaknya dunia nyata. Seperti: ngobrol, menonton konser, belajar, bahkan mengadakan meeting kerja.

Diliriknya Teknologi Metaverse di Perbankan

Diterapkannya teknologi metaverse agaknya akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi nasabah. Khususnya para nasabah muda. 

Saat ini metaverse telah digunakan di beberapa bank luar negeri, seperti korea dan jepang. Hal ini telah berhasil meningkatkan pelayanan pada nasabah.

Teknologi metaverse sangat tepat digunakan perbankan yang mempunyai nasabah prioritas atas private banking. Kesan luar biasa ini dinilai dapat meningkatkan interaksi antara bank dengan nasabah. Sehingga kepuasan nasabah dapat ditingkatkan yang akan menaikan loyalitas pelanggannya.

Selain itu banyaknya fitur yang terdapat di metaverse menjadikan peluang baru yang dapat dimanfaatkan bank. Misalnya dalam menjangkau nasabah baru yang tidak dapat pergi ke bank langsung. Juga nasabah usia muda yang pasti akan sangat bersemangat mencoba pengalaman unik di metaverse.

Banyak hal yang diperoleh dari penggunaan teknologi metaverse di perbankan. Begitu pesat peran teknologi dalam berbagai bidang. Namun harus tetap diimbangi dengan interaksi dunia nyata. Bagaimanapun manusia merupakan makhluk yang kompleks, sehingga pemuasannya tidak semata-mata didapat dari dunia virtual.

Baca juga: Cara Membuat Dompet Solana dan Fitur di Dalamnya

Author