Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham Ala Warren Buffett

oleh -166 Dilihat
Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham

Media Investasi – Sebagai investor saham harus mengetahui cara menghitung nilai intrinsik saham. Pengetahuan ini sangat penting supaya investor bisa memilih perusahaan yang tepat dengan keuntungan optimal, bukan kerugian

Salah satu caranya adalah dengan metode yang digunakan oleh Warren Buffett.  Bagaimana metode ini dilakukan? Simak langkahnya dalam ulasan kali ini. 

Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham

Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham Ala Warren Buffett

Nilai intrinsik saham merupakan nilai untuk melihat bagus tidaknya suatu perusahaan. Mulai dari asetnya, prospek, nama perusahaan, dan sebagainya. setiap investor wajib mengetahui cara menghitung nilai intrinsik saham. 

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut atau yang akan dipilih memberikan diskon atau tidak. Harga saham yang diskon dan memilih perusahaan yang tepat, maka bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal di kemudian hari. 

Investor juga bisa menentukan, apakah saham tersebut layak untuk dibeli atau tidak, dipertahankan atau tidak. Ada beberapa teknik dalam menghitung nilai intrinsik saham. Termasuk di antaranya yang dianggap paling praktis adalah hitungan ala Warren Buffett. 

Bagaimana metode ini dilakukan?

  1. Memilih saham dengan fundamental bagus 

Sebelum memulai menghitung nilai intrinsik saham, tentukan dulu saham apa yang akan Anda pilih. Pastikan memilih saham yang mempunyai kinerja yang baik, stabil, dan selalu bertumbuh dalam waktu jangka panjang. 

Kinerja perusahaan yang stabil dalam waktu jangka panjang sangat penting di sini. Salah satu elemen yang bisa dipakai untuk menghitung nilai intrinsik adalah memperkirakan berapa banyak pertumbuhan ekuitas dan laba bersih dari perusahaan tersebut untuk kedepannya. 

Perlu diketahui kalau perusahaan yang mempunyai track record yang bagus tentu mempunyai peluang yang besar. Apalagi kinerjanya juga sama bagusnya. Sehingga bisa dipastikan perusahaan tersebut mempunyai nilai plus-plus. 

  1. Memahami bisnis emiten tersebut 

Bukan hanya mempunyai kinerja yang bagus saja, pahami betul jenis bisnis atau usahanya. Oleh karena itu, mempelajari perusahaannya terlebih dahulu sangat diperlukan sebelum melakukan langkah berikutnya. 

  1. Memperhatikan Book Value

Selanjutnya adalah melihat jumlah uang cash yang bisa ditarik dari  perusahaan tersebut selama beroperasi. Penyebutan uang cash adalah angka ekuitas terakhir dari perusahaan, ditambah laba bersih yang akan dimiliki oleh perusahaan. Ingat, selama perusahaan tersebut masih beroperasi. 

Itulah cara menghitung nilai intrinsik saham menurut Warren Buffett. Cara ini sangat mudah tanpa adanya rumus yang rumit dan penghitungan yang lumayan banyak. Cara tersebut bisa dipakai oleh investor terutama pemula yang tidak ingin ribet menghitung. 

Baca juga Apa Itu Saham Cabe Rawit? Ikuti Kiprahnya Di Awal Tahun 2022

Author