Audit Transaksi Kripto, Bagaimana Pelaksanaannya Kelak?

by -0 Views
Audit Transaksi Kripto

MediaInvestasi – Langkah audit transaksi kripto oleh Bappebti dan PPATK ini sebagai langkah tepat. Sehingga setiap transaksi baik untuk mata uang kripto dan non fungible token bisa diawasi dengan baik. Industri aset kripto akan semakin sehat karena memiliki legitimasi.

Pelaksanaan Audit Transaksi Kripto

Audit Transaksi Kripto, Bagaimana Pelaksanaannya Kelak?

Mekanisme pelaksanaan audit transaksi kripto ini akan terlaksana di bawah kewenangan PPATK dan Bappebti. Langkah ini juga akan melindungi para investor, pedagang serta lembaga yang terkait.  

Masyarakat juga akan lebih percaya diri untuk melakukan investasi dan transaksi di sektor industri kripto. Selain itu, langkah ini juga bisa mencegah terjadinya penyalahgunaan praktik pencucian uang.

Untuk perdagangan aset kripto di Indonesia sendiri diawasi oleh Bappebti sejak tahun 1019. Sementara itu, Bappebti telah menyusun kebijakan untuk mengatur transaksi non fungible token. Hal ini harus menunggu ekosistem pada bursa kripto terbentuk pada kuartal I 2022. 

Sedangkan untuk penggunaan aset kripto untuk kegiatan ilegal akan diatur dalam Peraturan Bappebti nomor 6 tahun 2019. Aturan tersebut akan mengatur penerapan program APU-PPT yang berkaitan dengan penyelenggaraan pasar fisik komoditi. 

Riset Independen

PPATK sudah melakukan riset terlebih dahulu secara independen dan internasional. Termasuk sudah mengadakan kerjasama dengan 12 negara di Asia, Australia dan New Zealand. Riset ini untuk memperdalam masalah apa saja di dalam transaksi kripto.

Sehingga didapat 2 permasalahan dalam transaksi ini, yaitu transaksi menggunakan uang dari tindak pidana. Serta risiko berat sebagai akibat tidak adanya underlying dari harga. Sehingga akan menimbulkan risiko kolaps. 

Metode pembayaran baru di dunia virtual ini menjadi perhatian yang serius. Waktu yang sangat cepat untuk pembayaran ini karena menggunakan perkembangan teknologi 4.0 yang bergeser pada teknologi 5.0.

Tidak menutup kemungkinan transaksi ini berasal dari tindak pidana korupsi atau terorisme. Penggunaan teknologi pada blockchain maupun NFT dan peer to peer lending memberikan tantangan baru. Sebagai upaya pencegahan serta pemberantasan tindak pidana pencucian uang maka perlu dilakukan audit.

Audit transaksi kripto dipandang sebagai langkah mendesak yang harus disiapkan oleh pemerintah. Sebab, perkembangan teknologi kripto sangat pesat.

Baca juga: TradingView Crypto IDX, Platform Analisis Kripto Terbaik

Author