Apa Itu IPO Saham Sebenarnya?

by -0 Views
apa itu IPO saham

Media Investasi – Apa itu IPO Saham? Bagi Anda yang pemula di dunia saham dan investasi, istilah ini mungkin pernah Anda dengar, namun tidak sepenuhnya Anda pahami maknanya. Tahukah Anda bahwa IPO Saham bisa menjadi pintu untuk Anda meraup keuntungan saham yang optimal?

Penjelasan Soal Apa Itu IPO Saham

Apa Itu IPO Saham Sebenarnya?

Apa Itu IPO Saham. IPO Saham adalah singkatan dari Initial Public Offering. Dalam penjelasan singkatnya, IPO merupakan penawaran awal untuk unit saham kepada publik atau masyarakat. Atau disebut juga sebagai penawaran saham perdana.

Mengapa IPO saham diadakan? Apa itu tujuan IPO saham sebenarnya? Dalam gambaran umum, pelepasan saham perdana semacam ini adalah teknik yang dilakukan korporasi untuk mendapatkan suntikan dana segar.

Karena saham yang dilepas ke pasar tersebut, nantinya akan dibeli masyarakat. Dan dana disetor dari hasil penjualan nantinya akan menjadi modal baru untuk operasional perusahaan dan alokasi biaya lain lain dari perusahaan.

Dari kaca mata perusahaan, pelepasan saham perdana akan memberi efek positif pada struktur dan kekuatan modal. Selain itu, biasanya perusahaan akan mendapatkan efek citra positif karena selama ini ada asumsi terbentuk emiten yang berada di pasar modal adalah perusahaan dengan kondisi baik.

Apa Itu IPO Saham. Bagaimana Manfaat IPO dari kaca maca Investor?

Menurut sudut pandang investor, IPO saham juga memiliki nilai manfaat. Di antaranya adalah mendapatkan harga saham dengan nilai beli relatif rendah dari harga saham emiten dari sektor sejenis.

Sebagaimana prinsip ekonomi, untuk membeli dengan nilai lebih rendah namun terjual dalam harga lebih tinggi. Maka pada pembelian saham, prinsip ini sudah tentu juga berlaku. Bila Anda berhasil mendapatkan saham IPO dengan harga miring, sementara nantinya saham akan naik, tentu saja saat harga sudah tinggi Anda bisa mendapatkan profit atau capital gain yang menggiurkan.

Potensi Resiko Dari IPO Saham

Meski pada umumnya, potensi capital gain dari saham IPO cenderung lebih besar. Tidak menutup kemungkinan saham akan berbalik arah dan membuat investor rugi. Itu sebabnya penting melakukan analisa sebelum menentukan langkah investasi.

Apa itu langkah analisa dalam IPO saham? Coba cek dulu track record perusahaan sebelum IPO. Termasuk laporan keuangan, struktur modal, image yang telah mereka miliki sebelumnya, penjualan, strategi bisnis mereka. Ini akan memberi Anda sejumlah clue akan proyeksi harga saham ke depannya. 

Baca juga PMI Manufaktur Indonesia Menghijau

Author