Harga Bitcoin Jatuh Bertubi-tubi, Penyebabnya Apa?

by -2 Views
Harga Bitcoin Jatuh

MediaInvestasi – Kabar buruk, pasar keuangan global kembali mengalami tren buruk pekan ini. Hal tersebut berdampak pada pergerakan harga aset digital populer seperti cryptocurrency atau sebagainya.  Buktinya harga bitcoin jatuh di pekan ini.

Dalam seminggu, kapitalisasi pasar kripto paling populer, Bitcoin sudah amblas sampai 10% selama sepekan. Kondisi tersebut membuat harganya jatuh ke bawah level psikologis sebesar US$ 50.000/BTC. 

Bisa dibilang ini adalah level terendah harga Bitcoin sejak awal bulan Oktober 2021 lalu. Tentunya banyak investor yang ingin tahu apa sih yang menyebabkan kejayaan cryptocurrency jatuh. 

Penyebab Harga Bitcoin Jatuh Bertubi-tubi Selama Sepekan Ini

Harga Bitcoin Jatuh Bertubi-tubi, Penyebabnya Apa?

Ada berbagai alasan kenapa bitcoin jatuh alias terjun bebas. Penyebab utama yang paling nyata adalah gejolak di pasar keuangan. Hal tersebut dikarenakan sentimen merebaknya varian Covid-19 terbaru bernama Omicron. 

Bahkan WHO sudah memberi wanti-wanti supaya setiap negara mulai bersiap untuk membendung amukan varian baru tersebut. Khawatir ada lockdown besar-besaran membuat para investor membuang instrumen investasi, termasuk saham.

Sehingga wajar jika harga bitcoin jatuh diikuti dengan jenis cryptocurrency lainnya. Karena usianya yang masih muda, pergerakan Bitcoin menjadi lebih volatil. Hal tersebut juga ditambah dengan pandangan skeptis regulator.

Akibatnya berbagai aset digital cryptocurrency turut dilego investor yang membuat harganya di pasar menjadi jatuh. Apalagi The Fed telah dimulai sehingga dolar AS kembali menguat. Hal tersebut membuat banyak investor yang memilih untuk melepas aset berisiko. Diantaranya seperti saham dan juga mata uang kripto.

Penyebab Lain Harga Bitcoin Jatuh

Selain sentimen global, banyak analis menilai jatuhnya harga Bitcoin disebabkan karena aksi jual trader di pasar derivatif. Tak dapat dipungkiri adalah harga aset derivatif serta kontrak futures komoditas juga ikut berguguran. 

Hal tersebut dibuktikan dengan harga minyak yang drop sampai 5% lebih.  Harga batu bara juga drop 3%. Disusul dengan harga CPO yang juga melemah 4%. Harga bitcoin jatuh memang wajar di dunia investasi. Sebagai investor, tentunya Anda harus punya planning dan dapat menganalisis apa yang harus dilakukan untuk kedepannya.

Baca juga : Pencipta NFT Bored Ape yang Kini Naik Daun dan Diminati Eminem

Author