Rekomendasi Saham MEDC Pasca Kenaikan Harga Minyak

by -0 Views
Rekomendasi Saham MEDC

MediaInvestasi – Rekomendasi saham MEDC rasanya perlu mendapat perhatian sehubungan dengan kenaikan harga minyak mentah dunia. Pasalnya, hal ini diprediksi dapat mendorong naiknya nilai saham pada sektor industri migas. 

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, MEDC termasuk sebagai salah satu emiten sektor migas. Lantas, bagaimana rekomendasi saham MEDC terkait kenaikan harga minyak dunia ini?

Kenaikan Harga Minyak Dunia

petroleum g737b4c185 1280

Bloomberg merilis harga minyak bumi mentah di pasar global mencapai angka US$92,31 per barel atau naik sebanyak 2,26 persen. Hal ini berdasarkan informasi pada perdagangan minyak West Texas Intermediate (WTI) Jumat 4 Februari 2022. 

Sementara itu, harga minyak Brent naik hingga 2,16 poin (2,37 persen) ke harga US$93,27 per barel. Ini menjadi perhatian karena sejatinya kenaikan ini menjadikan harga minyak mentah global telah mengalami kenaikan 20 persen sejak awal tahun.

Situasi ketegangan geopolitik di kawasan Rusia dan Ukraina menjadi salah satu pendorong kekhawatiran pasar akan kestabilan suplai minyak. Apalagi sekarang di sejumlah kawasan Amerika tengah terjadi badai musim dingin. 

Badai tersebut dikhawatirkan akan memburuk seperti tahun lalu dan menyebabkan kelumpuhan.

Bagaimana Pengaruhnya pada Rekomendasi Saham MEDC

industry g4ffb71f55 1280

Bicara soal pergerakan harga minyak mentah tentu saja akan berkaitan dengan pengaruhnya pada emiten dari sektor migas. Salah satunya adalah PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). 

Analis meyakini bahwa pergerakan harga minyak ini akan memberi dorongan kuat untuk saham MEDC naik. Terbukti pada sepanjang tahun ini saja, saham MEDC sudah mengalami peningkatan harga sebanyak 25,54 persen. 

Meski sempat pula mengalami sejumlah koreksi pendek, pergerakan saham MEDC sendiri telah naik 4,50 persen sejak Senin minggu lalu.

Kenaikan harga minyak ini akan memberi efek mixed pada perusahaan migas dan mengerek naik harga saham. Namun, hal ini juga akan memberi beban tersendiri pada operasional perusahaan. 

Dengan demikian, hanya emiten yang relatif kuat yang akan sepenuhnya menikmati pengaruh positif kenaikan minyak bumi ini.

Berdasarkan sejumlah analisa di atas, maka rekomendasi saham MEDC adalah membeli saham dengan target harga Rp 615-Rp 635. Cermati situasi pasar dan kenali tahanan dari saham MEDC yang berada pada kisaran Rp 500.

Baca juga: Saham MNC dan SCMA Bagaimana Rekomendasi Pekan ini?

Author