Emiten IRRA Meraup Untung Besar Dari COVID 19

oleh -6 Dilihat
emiten IRRA

Media Investasi – Sementara banyak industri mengalami guncangan selama masa pandemik, tampaknya industri kesehatan justru menghasilkan cuan lebih. Termasuk Emiten IRRA, PT Itama Ranoraya Tbk yang melaporkan peningkatan pendapatan hingga 134 persen di tahun 2021 berkat penjualan perangkat PCR.

Emiten IRRA Dan Pencapaian Selama Masa Covid

Berdasar laporan keuangan awal tahun 2022 ini, Emiten IRRA atau PT Itama Ranoraya Tbk yang merupakan produsen perangkat kesehatan ini  melaporkan pendapatan sebesar Rp1,32 triliun.

Artinya telah terjadi peningkatan hingga 134 persen dari  periode tahun lalu (year-on-year/YoY) yang mencapai Rp563,9 miliar. Ini pencapaian yang sangat luar biasa mengingat bahkan perseroan hanya mentargetkan peningkatan pendapatan pada kisaran 80 persen.

Angka pendapatan yang disebutkan di atas tersebut termasuk penjualan untuk segmen non government  senilai Rp663,8 miliar dengan nilai pertumbuhan hingga 247 persen. Sementara untuk segmen pasar government sendiri dilaporkan tumbuh pada tingkat 76 persen atau sebesar Rp655,1 miliar.

Berdasar pada laporan penjualan tersebut maka porsi penjualan segmen non government  atas keseluruhan total pendapatan naik dari 34 persen di 2020 menjadi 50,3 persen di 2021.

Trik pemasaran dengan menambahkan jaringan distribusi dalam upaya mendorong penjualan pada segmen non government  menjadi salah satu alasan bagaimana peningkatan pendapatan ini terjadi. Perusahaan ini meningkatkan jumlah distribusi sebanyak 12 sub hingga menjadi 123 sub distribusi. Dari langkah ini dihasilkan peningkatan jumlah pelanggan hingga 140 persen.

Dari angka pendapatan yang gemilang ini, penjualan PCR antigen menjadi yang paling mencolok. Menyumbangkan porsi 71 persen dari keseluruhan penjualan. Ditambah dengan sejumlah inovasi produk baru yang turut mendongkrak penjualan.

Emiten IRRA Meraup Untung Besar Dari COVID 19

Bagaimana Potensi Saham IRRA

Dengan perkembangan pendapatan yang meningkat drastis, tampaknya tidak banyak mempengaruhi performa saham dari emiten IRRA ini. Saham IRRA sampai hari ini masih menunjukan pergerakan yang cenderung stagnan.

Mencapai angka tertingginya pada 15 Januari 2021 pada harga Rp 2.990. Hingga kini harga saham IRRA masih bergerak pada kisaran Rp 2.170 sampai Rp 1.755. Sementara itu, belum ada prospek ke depan yang menandakan akan potensi kenaikan saham yang signifikan dalam waktu dekat.

Baca juga Penawaran Umum Obligasi TPIA Senilai Rp1,4 Triliun

Author