Penawaran Umum Obligasi TPIA Senilai Rp1,4 Triliun

by -3 Views
Penawaran Umum Obligasi TPIA

MediaInvestasi – Simak penawaran umum obligasi TPIA berkelanjutan III akan berlangsung pada 25 Februari 2022 sampai 2 Maret 2022. Data ini didapatkan dari Bursa Efek Indonesia yang terjadwal pada 9 Maret 2022. Obligasi tahap V ini sebesar Rp1,4 miliar.

Rencana Penawaran Umum Obligasi TPIA

Penawaran Umum Obligasi TPIA Senilai Rp1,4 Triliun

PT Chandra Asri menawarkan obligasi dalam 3 seri dengan jumlah yang berbeda. Pada seri A jumlahnya Rp860 miliar dengan bunga 7,2 persen. Untuk seri B akan dilakukan penawaran sebesar Rp300 miliar dan bunga 8,1 persen. 

Sedangkan untuk rencana penawaran umum obligasi TPIA seri C sebesar Rp240 miliar dengan bunga 8,8 persen. Tenor saham akan berlangsung selama 10 tahun.

Dalam hal pembayaran bunga, akan dibayar setiap tiga bulan dengan bunga pertama akan dilakukan 8 Juni 2022. Sedangkan untuk pembayaran bunga terakhirnya dilakukan pada saat jatuh tempo.

Masing-masing seri memiliki jatuh tempo yang berbeda. Seri A akan jatuh tempo pada tanggal 8 Maret 2027. Tanggal 8 Maret 2029 untuk seri B. Sedangkan untuk seri C akan jatuh tempo pada tanggal 8 Maret 2032. 

Tujuan Pelaksanaan Obligasi

PT Pemeringkat Efek Indonesia telah memberikan peringkat terhadap rencana obligasi tersebut. Penjamin pelaksana dari emisi obligasi PT Chandra Asri, antara lain:

  • PT BCA Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • PT BRI Danareksa Sekuritas
  • CIMB Niaga Sekuritas
  • PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia

Sedangkan untuk wali amanat adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk. Proses obligasi ini akan menghasilkan dana bersih yang telah dikurangi biaya dan pengeluaran. Sehingga sisanya akan berguna untuk keperluan modal kerja. 

Nantinya, obligasi ini akan menjadi PUB atau penawaran umum yang berkelanjutan. Pada tahap III senilai Rp5 triliun. Sebelumnya, TPIA telah melaksanakan penerbitan obligasi. Pada tahap I jumlahnya Rp1 triliun di tahun 2020. Untuk tahap II dan tahap III di tahun yang sama sebesar Rp1 triliun.

Pelaksanaan penawaran umum obligasi TPIA akan menjadi proses yang berkelanjutan. Adanya rencana ini diharapkan akan mempengaruhi nilai saham selanjutnya. Sebab, pada tahun sebelumnya juga telah terlaksana obligasi senilai Rp600 miliar.

Baca juga: Emiten Saham HMSP, Hadapi Tantangan Berliku

Author