IHSG Berbalik Menguat di Akhir Sesi Pertama

by -0 Views
IHSG Berbalik Menguat

MediaInvestasi – IHSG berbalik menguat pada penutupan perdagangan sesi pertama hari ini. Indeks Harga Saham Gabungan mengalami kenaikan 54,57 poin. Kenaikan tersebut membawa ke posisi 6.889,69.

IHSG Berbalik Menguat di Sektor Apa Saja?

IHSG Berbalik Menguat di Akhir Sesi Pertama

Adanya sokongan pada semua indeks sektora membuat IHSG berbalik menguat. Untuk indeks terbesar dicetak oleh sektor infrastruktur yang melonjak sebesar 2,52 persen. Sektor barang konsumen non primer juga mengikuti jejak kenaikan sebesar 1,55 persen.

Selain itu, ada sektor barang baku juga mengalami penguatan sebesar 1,24 persen. Sektor selanjutnya yaitu perindustrian juga melonjak sebesar 1,2 persen. Di sektor properti dan real estat terkerek 1,08 persen. 

Sektor konsumen barang konsumen primer mengalami kenaikan sebesar 0,98 persen. Untuk sektor energi terkerek sebanyak 0,85 persen. Sedangkan sektor energi naik sebesar 0,68 persen. 

Sejalan dengan sektor keuangan yang naik tipis di angka 0,34 persen. Sektor terakhir yaitu, kesehatan yang mampu naik tipis di angka 0,25 persen. 

Posisi Saham Top Gainers dan Top Loser

Setelah mengalami pelemahan di pagi hari sebanyak 6.817,9 mendorong investor asing memborong saham sektor perbankan. Pada penutupan sesi pertama, total volume transaksi bursa saham mencapai nilai 16,37 miliar. Setara dengan nilai transaksi Rp6,67 triliun.

Rincian saham yang mengalami kenaikan sebanyak 281 saham, sedangkan 209 saham mengalami penurunan nilai. Saham-saham yang tetap bertahan di posisi flat sebanyak 179 saham.

Jajaran saham yang berada di posisi Top Gainers LQ45, antara lain:

  • Di posisi pertama ada PT Aneka Tambang Tbk naik sebesar 7,97 persen.
  • PT TImah Tbk berada di posisi selanjutnya dengan kenaikan 5,84 persen.
  • Sedangkan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk berhasil mencetak kenaikan sebesar 4,29 persen.

Sedangkan untuk posisi saham top loser pada penutupan sesi pertama perdagangan di Bursa Efek Indonesia, yaitu:

  • PT Media Nusantara Citra Tbk menduduki posisi di posisi pertama dengan penurunan 1,57 persen.
  • Posisi berikutnya da PT Barito Pacifik Tbk menurun 1,49 persen.
  • PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk turun sebanyak 1,12 persen.

Adanya IHSG berbalik menguat beberapa saham menjadi incaran investor asing. PT Bank Jago mencatat pembelian sebesar Rp94,1 miliar. Untuk PT Telkom Indonesia Tbk sebanyak Rp37,9 miliar.

Baca juga: IHSG Sesi Akhir Turun 0,22 Persen, Apa Saja Saham Top Gainers?

Author