IHSG Menguat Hari Ini Sebesar 0,74 Persen 

oleh -20 Dilihat
IHSG Menguat Hari Ini

MediaInvestasi – IHSG menguat hari ini dengan kenaikan sebesar 50,26 poin. Pada akhir penutupan perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan berada pada posisi 6.864. Kenaikan sebesar 0,74 persen tersebut disambut baik oleh para investor.

Saham Top Gainers IHSG Menguat Hari Ini

IHSG Menguat Hari Ini Sebesar 0,74 Persen

Kenaikan pada Indeks Harga Saham Gabungan ditopang oleh 8 indeks sektoral. IHSG menguat hari ini mendapat dukungan dari sektor properti dan real estat yang mengalami lonjakan sekitar 3,89 persen.

Untuk sektor infrastruktur juga naik di angka 1,30 persen. Sektor transportasi melonjak sebesar 3,13 persen. Selain itu, ada sektor sektor perindustrian juga mengalami kenaikan 1,52 persen. 

Sedangkan barang konsumsi non primer melonjak sebesar 0,85 persen. Sektor barang konsumsi primer juga naik sebesar 0,82 persen. Ada kenaikan tipis di sektor energi sebesar 0,03 persen.

Pada sesi pertama perdagangan mendapat dorongan dari 8 indeks yang berada di zona hijau. Simak saham-saham yang termasuk dalam Top Gainers LQ45 pada sesi pertama perdagangan, yaitu:

  • Saham PT PP persero Tbk yang mengalami kenaikan sebesar 8,79 persen.
  • Untuk selanjutnya ada PT Wijaya Karya Tbk yang juga menanjak sebanyak 6,88 persen.
  • Sedangkan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk naik sebesar 6,11 persen.

Sedangkan pada sesi kedua penutupan Indeks Harga Saham Gabungan, saham-saham Top Gainers LQ45, yaitu:

  • Posisi tetap dipegang oleh PT PP Tbk terkerek 10,44 persen.
  • PT Waskita Karya Tbk berhasil melonjak 9,52 persen.
  • Untuk PT Wijaya Karya Tbk juga naik 7,41 persen.

Pembelian dan Penjualan Saham Oleh Asing

Catatan penjualan saham oleh investor asing sebanyak Rp12,09 triliun pada pasar non reguler. Sedangkan untuk pembelian bersih terjadi sebesar Rp759,51 miliar untuk pasar reguler. Sehingga total penjualan bersih sebesar RP11,33 triliun pada keseluruhan pasar.

Simak juga catatan untuk penjualan saham-saham terbesar oleh investor asing, yaitu PT Bank Mega Tbk terjual sebanyak RP12 triliun. Untuk PT Aneka Tambang Tbk terjual sebesar Rp132,5 miliar. Sedangkan untuk PT Bank Mandiri Tbk penjualan sahamnya mencapai Rp58,2 miliar.

IHSG menguat hari ini patut mendapat apresiasi dari para investor. Simak saham-saham yang menjadi andalan.

Baca juga: Penutupan IHSG di Level 6.814, Saham Apa yang Diborong?

Author