Inilah Cara Kerja Mata Uang Kripto, Penasaran?

oleh -1 Dilihat
Cara Kerja Mata Uang Kripto
Cara Kerja Mata Uang Kripto

MediaInvestasi.id – Cara Kerja Mata Uang Kripto. Blockchain adalah kumpulan yang terdiri dari lebih satu blok yang membentuk rantai. Setiap blok memiliki 3 elemen yaitu data, nilai hash dari blok, dan nilai hash dari blok sebelumnya.

Data yang disimpan dalam blok tergantung pada tipe blok. Sebagai contoh yaitu teknologi blockchain pada Bitcoin, dimana komponen data akan berisi detail transaksi seperti penerima, pengirim, dan nilai koin.

Cara Kerja Mata Uang Kripto

Ada beberapa mekanisme atau teknik yang dipakai di dalam blockchain sehingga keamanan dari blockchain lebih terjamin. Mekanisme pertama adalah pemanfaatan teknik hash dari kriptografi yang membuat blok akan memiliki nilai hash yang mengidentifikasi blok dan seluruh isinya yang bersifat unik. Nilai hash akan sekaligus dihitung ketika blok dibuat.

Teknik inilah yang membuat blockchain menjadi lebih aman, karena jika ada yang mengubah salah satu blok dalam rantai blok maka nilai hashnya akan berubah dan blok berikutnya juga akan menjadi tidak valid lagi karena tidak menyimpan nilai hash yang valid dari blok sebelumnya. Artinya, perubahan yang dilakukan pada sebuah blok akan mengakibatkan seluruh rantai blok menjadi tidak valid.

Mekanisme yang kedua adalah mekanisme proof-of-work yaitu mekanisme untuk memperlambat pembuatan blok baru. Mekanisme bertujuan untuk mempersulit perubahan sebuah blok, karena dengan mengubah sebuah blok berarti harus menghitung proof-of-work seluruh blok. Mekanisme ketiga adalah pengelolaan secara terdistribusi.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Mata Uang Kripto?

Author