, ,

Bitcoin Ethereum Ambruk, Miner Jual Semua GPU, Wow!

by -108 Views
Bitcoin dan Ethereum
Bitcoin dan Ethereum

MediaInvestasi.id – Bitcoin dan Ethereum Ambruk, Miner Jual Semua GPU. Informasi yang dinanti para gamers dan content creators, apalagi kalau bukan Bitcoin dan Ethereum Longsor.

Bitcoin dan Ethereum ambruk yang terjadi pada bear market kali ini ternyata tidak hanya berhasil turunkan seratusan juta nilai konversi, melainkan hampir tiga ratusan juta. Imbasnya, Bitcoin yang dulunya ‘stabil’ di rentang 600 Jutaan Rupiah, kini hanya dibanderol 300 Jutaan Rupiah.

Selisih di atas termasuk masif, terlebih bila Bitcoin dan Ethereum Longsor ini terjadi pada miners sebutan bagi para penambang kripto bitcoin dan Ethereum yang baru ikutan tren cryptomining. Diprediksi tren penurunan ini akan terjadi sampai peralihan ke Ethereum ‘Proof of Stake’ di akhir tahun.

Imbas nyata dari Bitcoin dan Ethereum Longsor ini sudah pasti akan erat kaitannya dengan gulung tikarnya para cryptominers. Di China sendiri, tak terhitung ada berapa banyak cryptominers dan warnet yang terkena imbasnya. Entah itu GPU dari kubu merah atau hijau, namun longsornya cryptocurrency ini ternyata tak pandang bulu.

Di bawah ini adalah beberapa gambar di mana miners ‘terpaksa’ jual semua GPU yang dimiliki dengan murah meriah.

Bukan dalam jumlah puluhan, melainkan ratusan GPU yang ‘dulunya’ digunakan untuk cryptomining, kini terpaksa dibandrol dengan harga jatuh. GPU yang dulunya jadi ‘sahabat cari cuan’, kini dipaksa turun kastanya setara dengan lantai. Yah, cukup miris melihatnya.

Ditambah dengan makin terjangkaunya GPU yang ada di pasaran, tampaknya berhasil desak cryptominers untuk jual semua GPU miliknya. Termasuk di antaranya di toko lokal, e-commerce, bahkan ada yang berani untuk coba lelangnya via livestream.

DI antaranya adalah GPU NVIDIA RTX 3060 Ti, yang dulunya dibanderol 10 Jutaan Rupiah, kini hanya dibanderol 4 Jutaan Rupiah. Selisih 6 Jutaan Rupiah, sebuah besaran yang dianggap cukup membekas, bahkan untuk yang berduit sekalipun.

Meski terbilang ‘murah’, namun GPU tersebut tak direkomendasikan untuk dibeli. Hal ini karena GPU tersebut digunakan secara non-stop selama beberapa tahun belakangan ini.

Banyaknya Alternatif yang Diberikan Manufaktur

Sebenarnya agak salah bila kita harapkan manufaktur untuk ‘gerak cepat’ atasi kelangkaan yang disebabkan pemborongan oleh oknum cryptominers. Namun, ‘upaya’ yang mereka lakukan boleh diapresiasi karena meski GPU yang diluncurkan yah bisa dibilang ‘memble’, berhasil berikan sedikit alternatif.

Gpu Memble Rx 6500 Xt Bitcoin dan Ethereum

Sebut di antaranya GTX 1630 yang akan luncur dalam beberapa bulan mendatang. Atau RX 6500 XT dan RX 6400 yang digoda kubu merah mampu jadi solusi ‘sementara’ untuk saat ini. Bila hal tersebut dirasa ‘kurang’, tentu alternatif GPU lawas yang masih diproduksi keduanya bisa dijadikan alternatif di saat kepepet.

(red/mig)

Author