Cara Melihat Gain Loss di IPOT, Bagaimanakah?

oleh -235 Dilihat
Cara Melihat Gain Loss di IPOT, Bagaimanakah?
Cara Melihat Gain Loss di IPOT, Bagaimanakah?

Oleh Adrian I Redaksi MediaInvestasi.id


MEDIAINVESTASI.id – Cara Melihat Gain Loss di IPOT. IPOT atau Indo Premier Online Trading adalah salah satu platform perdagangan saham yang populer di Indonesia.

IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah aplikasi jual beli saham, reksa dana, dan investasi yang diluncurkan oleh Indo Premier Sekuritas.

Bagi investor dan trader, melihat informasi mengenai keuntungan (gain) atau kerugian (loss) dari investasi mereka adalah hal yang penting.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur lengkap untuk mendukung aktivitas dan keputusan investasi Anda, seperti data pasar, analisa, berita, edukasi, dan lain-lain.

Salah satu fitur yang penting untuk Anda ketahui adalah gain loss. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat keuntungan atau kerugian yang Anda peroleh dari investasi Anda, baik itu saham, reksa dana, maupun ETF. Dengan melihat gain loss, Anda dapat mengevaluasi kinerja investasi Anda, menghitung pajak penghasilan Anda, serta menentukan strategi investasi Anda ke depan.

Baca Juga: Cara Melihat History Transaksi di IPOT: Langkah Mudah dan Cepat

Melihat Gain Loss di IPOT dapat memberikan gambaran tentang kinerja investasi dan membantu dalam pemantauan portofolio.

Cara Melihat Gain Loss di IPOT

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara melihat Gain Loss di IPOT. Langkah-langkah untuk Melihat Gain Loss di IPOT:

  1. Login ke Akun IPOT: Pastikan Anda sudah memiliki akun IPOT dan login ke platform dengan menggunakan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) Anda.
  2. Pilih Menu “Rekening”: Setelah berhasil login, pilih menu “Rekening” yang biasanya terletak di bagian atas atau samping layar. Ini akan membuka halaman yang berisi informasi tentang akun dan rekening Anda.
  3. Pilih “Rekening Efek”: Di halaman “Rekening”, cari dan klik opsi “Rekening Efek” atau serupa yang sesuai dengan tampilan IPOT yang Anda gunakan. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu dropdown atau bagian navigasi utama.
  4. Pilih tab “Saham” untuk melihat detail portofolio saham Anda. Anda akan melihat daftar saham-saham yang Anda miliki beserta informasi seperti kode saham, nama perusahaan, jumlah lot, harga beli rata-rata, harga jual rata-rata, harga pasar terakhir, nilai pasar, gain loss nominal, dan gain loss persen.
  5. Pilih menu “Portofolio” di bagian bawah layar smartphone atau di bagian atas layar komputer. Anda akan melihat informasi umum tentang portofolio investasi Anda, seperti nilai portofolio, nilai pasar, modal awal, modal akhir, total gain loss, dan lain-lain.
  6. Lihat Gain Loss: Setelah Anda memilih portofolio, Anda akan melihat daftar saham yang dimiliki di portofolio tersebut, beserta informasi tentang Gain Loss yang telah Anda buat. Informasi ini mencakup saham yang Anda miliki, jumlah saham yang dimiliki, harga beli, harga saat ini, dan Gain Loss dalam persentase maupun nilai rupiah.
  7. Jika Anda ingin melihat detail gain loss saham tertentu, cukup klik pada saham tersebut. Anda akan melihat informasi seperti tanggal beli atau jual terakhir, harga beli atau jual terakhir, biaya transaksi beli atau jual terakhir, pajak penghasilan beli atau jual terakhir, dan lain-lain.
  8. Jika Anda ingin melihat detail portofolio reksa dana atau ETF Anda, pilih tab “Reksa Dana” atau “ETF” di bagian atas layar. Anda akan melihat daftar reksa dana atau ETF yang Anda miliki beserta informasi seperti kode produk, nama produk, jumlah unit penyertaan atau lembar saham ETF, harga NAB per unit penyertaan atau harga pasar per lembar saham ETF terakhir, nilai pasar, gain loss nominal, dan gain loss persen.
  9. Jika Anda ingin melihat detail gain loss reksa dana atau ETF tertentu, cukup klik pada produk tersebut. Anda akan melihat informasi seperti tanggal beli atau jual terakhir, harga beli atau jual terakhir, biaya transaksi beli atau jual terakhir, pajak penghasilan beli atau jual terakhir, dan lain-lain.
  10. Analisis dan Pemantauan: Setelah Anda melihat Gain Loss dari portofolio investasi Anda, Anda dapat menganalisis dan memantau kinerja investasi tersebut. Anda dapat melihat saham-saham yang memberikan keuntungan atau kerugian, membandingkan harga beli dengan harga saat ini, dan mengevaluasi strategi investasi Anda. Informasi ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik di masa depan.
  11. Perhatikan Biaya dan Pajak: Selain memantau Gain Loss, penting untuk memperhitungkan biaya transaksi dan pajak yang dapat mempengaruhi hasil investasi Anda. Periksa riwayat transaksi Anda untuk memahami biaya-biaya yang terkait dengan perdagangan saham dan pastikan Anda mempertimbangkan hal tersebut dalam perhitungan Gain Loss.

Baca Juga: Cara Melihat Keuntungan Saham di IPOT: Inilah Petunjuk Teknisnya!

Melihat Gain Loss di IPOT adalah langkah penting dalam memantau kinerja investasi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengakses dan melihat informasi tentang Gain Loss dari portofolio investasi Anda di platform IPOT. Ingatlah untuk secara teratur memantau dan menganalisis Gain Loss Anda, serta melakukan riset dan analisis yang mendalam untuk membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Demikianlah cara melihat gain loss di IPOT dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

(red/mii)

Author