Dukungan Terhadap Ekonomi Digital, Transaksi E-Commerce Tembus Rp 506,4 Triliun

oleh -1 Dilihat
Dukungan Terhadap Ekonomi Digital, Transaksi E-Commerce Tembus Rp 506,4 Triliun
Dukungan Terhadap Ekonomi Digital, Transaksi E-Commerce Tembus Rp 506,4 Triliun

MEDIAINVESTASI.id – Dukungan Terhadap Ekonomi Digital, Transaksi E-Commerce Tembus Rp 506,4 Triliun. Di tengah era digitalisasi yang semakin merajalela, sektor e-commerce di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Data yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa transaksi e-commerce mencapai Rp 42,2 triliun pada Oktober 2023, dengan pertumbuhan sebesar 10,69% secara month to month (mtm). Sementara secara year on year (yoy), pertumbuhannya mencapai 4,99%, menyentuh angka Rp 506,4 triliun. Selain itu, dari segi volume transaksi, telah terjadi 361,54 juta transaksi hingga Oktober, dengan pertumbuhan mtm sebesar 8,13% dan yoy sebesar 32,04%.

Dukungan Terhadap Ekonomi Digital

Filianingsih Hendarta, Deputi Gubernur BI, menyampaikan bahwa pertumbuhan tersebut didukung oleh beberapa kategori utama, di antaranya produk fesyen, personal care dan kosmetik, serta rumah tangga dan kantor. Filianingsih Hendarta juga mengidentifikasi dua faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini. Pertama, semakin meluasnya akseptasi masyarakat terhadap belanja online. Kedua, adanya promo di tanggal-tanggal tertentu yang sering disebut sebagai tanggal kembar.

Penting untuk dicatat bahwa pertumbuhan e-commerce tidak hanya menciptakan tren positif dalam nilai transaksi, tetapi juga dalam volume transaksi. Jumlah transaksi yang terus meningkat mencerminkan pergeseran perilaku konsumen yang semakin mengadopsi model belanja online. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi dan kemudahan akses yang diberikan oleh platform e-commerce.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menekankan bahwa BI telah melakukan analisis mendalam terhadap dampak transaksi e-commerce terhadap perekonomian. Salah satu aspek positif yang diidentifikasi adalah peningkatan percepatan perputaran uang. Proses transaksi yang lebih cepat di e-commerce meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam ekosistem perdagangan.

Baca Juga: Saham PT Indointernet Tbk (EDGE) Indonet Meroket 146% dalam Seminggu, Hampir Tembus Rp 10.000

Author