Meningkatkan Kesadaran Kesehatan, Kenali Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser

oleh -1 Dilihat
Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser
Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser

MEDIAINVESTASI.id – Meningkatkan Kesadaran Kesehatan, Kenali Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser. Konsumsi air galon yang menggunakan dispenser merupakan tren yang populer di masyarakat Indonesia. Meski praktis, dispenser air rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri jika tidak dibersihkan secara berkala atau mengalami kontaminasi silang.

Kenali Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser

Risiko ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lainnya (Levesque et al., 1994). Sebuah riset dari Jepang menunjukkan bahwa air dingin yang berasal dari dispenser pun tidak terhindar dari kontaminasi bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, yang dapat menyebabkan infeksi terutama pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tidak hanya P. aeruginosa, berbagai organisme lain seperti Ralstonia Pickettii dan R. Insidiosa juga dapat terkandung dalam air minum yang terkontaminasi. Kedua bakteri ini dapat berdampak negatif pada kesehatan, terutama pada kelompok rentan seperti lansia dan pasien penyakit autoimun.

Gejala infeksi meliputi demam, sakit kepala, berkeringat di malam hari, nyeri sendi, penurunan nafsu makan, hingga pembengkakan. Sebuah studi berbasis autopsi pada tahun 2022 menunjukkan bahwa infeksi ini menjadi penyebab sebagian besar kematian pada pasien penyakit autoimun.

Kenali Risiko Kontaminasi Air Minum dari Dispenser
Water purifier Coway memiliki kemampuan menghalau partikel besar
 hingga yang terkecil sampai 0,0005 mikrometer.
 
Foto: PT Coway International Indonesia

Coway, sebagai perusahaan pemurni air dan udara terkemuka asal Korea Selatan, memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan potensi kontaminasi air dan upaya pencegahannya. Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, Coway menawarkan solusi dengan menghadirkan pemurni air (water purifier) yang dapat diandalkan. Pilihan ini tidak hanya memberikan keamanan terhadap kontaminasi, tetapi juga menghemat waktu dan tenaga yang biasanya diperlukan untuk membeli galon.

Pengguna water purifier dari Coway dapat terhubung langsung dengan sumber air seperti air perpipaan (PDAM) atau air tanah. Proses penyaringan yang melibatkan berbagai jenis filter seperti anti bacterial, neo sense, plus inno sense, RO membrane, dan UV sterilisation, memastikan bahwa air yang diminum telah melalui tahap penyaringan bertahap, menjadikannya lebih aman dan bersih.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang pemurnian air dan udara, Coway telah mengembangkan water purifier dengan teknologi filtrasi mutakhir melalui kolaborasi dengan Seoul National University. Coway juga memberikan fasilitas pemantauan kualitas air melalui Coway Water Quality Laboratory (WQL), tempat pelanggan dapat memastikan kualitas air minum mereka.

Coway Maksimalkan Perawatan Produk dengan Teknologi Hi Care
Teknologi Hi-Care menjadi andalan Coway Lady (Cody) dalam
menjaga kesterilan produk untuk mencegah kontaminasi.
 
Foto: PT Coway International Indonesia

Salah satu inovasi Coway yang membedakannya dari merek lain adalah layanan purna jual “Heart Service.” Layanan ini menyediakan perawatan rutin setiap 2 bulan sekali, di mana Coway Lady (Cody) berkunjung ke rumah pelanggan untuk melakukan pengecekan fungsi, pembersihan, dan penggantian filter. Cody menggunakan alat sterilisasi canggih bernama Hi Care untuk membersihkan tangki air dan bagian eksterior unit seperti tray dan tuas air. Heart Service adalah layanan gratis yang diberikan oleh Coway sebagai bentuk komitmen mereka terhadap kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Dengan adanya pemurni air Coway dan layanan purna jual yang menyeluruh, masyarakat dapat lebih yakin bahwa air yang mereka konsumsi setiap hari aman, bersih, dan bebas dari risiko kontaminasi. Ini adalah langkah positif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di tengah kesibukan modern yang seringkali memerlukan solusi praktis dan efisien.

(red/mii)

Author