,

BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino

oleh -18 Dilihat
Cara Cek Penerima BLT El Nino
Cara Cek Penerima BLT El Nino

MEDIAINVESTASI.id – BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino. Presiden Joko Widodo telah memulai penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 per bulan sejak tanggal 13 Desember 2023. Bantuan ini disalurkan dengan mekanisme rapel, dengan pemberian senilai Rp200.000 per bulan untuk bulan November dan Desember. Penyaluran BLT El Nino dilakukan melalui kantor pos dan perbankan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, menyatakan bahwa penyaluran BLT telah dimulai sejak 13 Desember 2023 melalui kantor pos, sementara penyaluran melalui perbankan dimulai pada 14 Desember 2023. Ia menjelaskan bahwa penyaluran dimulai oleh Presiden Jokowi di Pekalongan dan Malang, khususnya melalui kantor pos untuk daerah yang jauh dari layanan perbankan.

“BLT El Nino dimulai Rabu kemarin oleh Bapak Presiden di Pekalongan dan Malang. Itu yang disalurkan lewat kantor pos karena daerah jauh dari layanan perbankan, sedangkan untuk pelayanan melalui perbankan baru dimulai [per 14/12/2023],” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (18/12/2023).

Rencana Penyaluran dan Jumlah Penerima

Penyaluran BLT El Nino ditargetkan untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan diperkirakan akan selesai sebelum Hari Raya Natal. Isa Rachmatarwata menyampaikan bahwa karena baru dimulai, belum begitu banyak yang telah menerima, dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 10 hari untuk menyelesaikan penyaluran sebelum Natal.

“Karena baru mulai, belum begitu banyak yang dapat, diperkirakan 10 hari, atau sebelum Natal akan tuntas BLT El Nino,” tambahnya.

Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp7,52 triliun untuk perlindungan sosial masyarakat, termasuk bantuan El Nino. Anggaran ini disiapkan sebagai respons terhadap dampak El Nino yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga komoditas di pasaran serta melemahkan daya beli masyarakat.

Cara Cek Penerima BLT El Nino

Bagi masyarakat yang ingin mengecek apakah terdaftar sebagai penerima BLT El Nino, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Isi wilayah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  3. Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan KTP.
  4. Masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak.
  5. Klik tombol “Cari Data”.
  6. Jika terdaftar sebagai penerima manfaat, data Anda akan muncul.

Dengan cara ini, masyarakat dapat dengan mudah memverifikasi status mereka sebagai penerima BLT El Nino dan memastikan bahwa bantuan tersebut telah dicairkan. Harapannya, bantuan ini dapat memberikan bantuan finansial yang signifikan bagi keluarga penerima manfaat di tengah kondisi sulit akibat dampak El Nino.

(red/mii)


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author