Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit: Proses, Keuntungan, dan Risiko

oleh -2 Dilihat
Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit
Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit

MediaInvestasi.idMembeli Bitcoin dengan Kartu Kredit: Proses, Keuntungan, dan Risiko. Bitcoin (BTC) telah menjadi salah satu aset investasi paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Metode yang umum digunakan untuk membeli Bitcoin melibatkan penggunaan kartu kredit. Membeli Bitcoin dengan kartu kredit merupakan salah satu metode tercepat yang dapat dilakukan dengan mudah, terutama melalui bursa kripto utama seperti Binance, Coinbase, OKX, dan MEXC.

Kenapa Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit?

Membeli Bitcoin dengan kartu kredit menawarkan beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Transaksi Cepat dan Aman: “Pembelian Bitcoin melalui kartu kredit hampir instan di bursa besar. Ini dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat seluler, memungkinkan pembeli dan pedagang untuk segera memanfaatkan pergerakan pasar.”
  2. Penarikan Dana yang Mudah: “Pembeli Bitcoin yang kemudian menjual aset mereka dapat dengan cepat menarik dana fiat ke rekening bank atau kartu kredit mereka menggunakan bursa kripto, tergantung pada kebijakan bursa, metode penarikan yang didukung, dan lokasi geografis pengguna.”
  3. Strategi Dollar-Cost Averaging: “Menggunakan kartu kredit untuk strategi investasi Dollar-Cost Averaging (DCA) dalam Bitcoin dapat memudahkan pelaksanaan strategi ini secara teratur dibandingkan dengan transfer bank yang lebih lama.”

Kendala dalam Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit

Namun, terdapat beberapa kendala yang perlu diperhatikan dalam membeli Bitcoin dengan kartu kredit, antara lain:

  1. Biaya Transaksi Tinggi: “Membeli Bitcoin dengan kartu kredit bisa menjadi metode yang paling mahal. Binance, misalnya, menagih biaya sekitar 2%, sementara Coinbase membebankan biaya 3.99% untuk pembayaran dengan kartu kredit.”
  2. Batas Belanja Kartu Kredit: “Batas belanja kartu kredit juga dapat membatasi jumlah investasi, dan tidak semua bursa mendukung penarikan dengan kartu kredit, yang dapat mempersulit proses penarikan atau reinvestasi.”
  3. Keamanan Data: “Meskipun bursa besar biasanya menerapkan praktik keamanan data yang ketat, beberapa bursa mungkin kurang memiliki standar keamanan yang baik. Serangan siber dan bursa yang kurang terpercaya dapat mengancam data pelanggan dan informasi kartu kredit.”

Bagaimana Cara Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit?

Untuk memahami cara membeli Bitcoin dengan kartu kredit, mari kita lihat contoh penggunaan bursa Binance:

  1. Buat dan Masuk ke Bursa: “Buat dan masuk ke akun di bursa kripto seperti Binance.”
  2. Pilih Opsi Pembelian Kripto: “Pilih opsi untuk membeli kripto di bursa tersebut.”
  3. Pilih Kartu dan Mata Uang Fiat: “Pilih kartu dan mata uang fiat yang digunakan untuk pendanaan pembelian, dan pilih Bitcoin sebagai kripto yang ingin dibeli.”
  4. Masukkan Jumlah Mata Uang Fiat: “Masukkan jumlah mata uang fiat yang akan dibelanjakan. Jumlah BTC yang diperoleh akan otomatis dihitung.”
  5. Tambahkan Kartu Kredit: “Tambahkan kartu kredit baru menggunakan opsi ‘tambah kartu baru’ untuk pembayaran fiat. Alamat kartu yang terkait, tanggal kadaluwarsa, dan kode CVV harus diisi.”
  6. Konfirmasi Pembayaran: “Pengguna kartu kredit akan diarahkan ke halaman transaksi sandi satu kali dari penyedia kartu mereka dan harus mengikuti instruksi untuk mengkonfirmasi pembayaran.”

Metode Alternatif untuk Membeli Bitcoin

Selain pembelian dengan kartu kredit, terdapat berbagai cara lain untuk membeli Bitcoin, termasuk:

  • Melalui pertukaran kripto dengan berbagai opsi pembayaran seperti PayPal, transfer bank, dan deposit tunai.
  • Jaringan peer-to-peer memfasilitasi transaksi individu dengan berbagai opsi pembayaran, termasuk transaksi tunai secara langsung.
  • Mesin ATM Bitcoin memungkinkan pembelian Bitcoin dengan tunai atau kartu debit.
  • Layanan tertentu memungkinkan pengguna untuk membeli Bitcoin melalui kartu prabayar atau aplikasi pembayaran seluler.
  • Pertukaran broker kripto memungkinkan transfer kawat atau transfer ACH untuk pembelian Bitcoin.

Dengan demikian, meskipun pembelian Bitcoin dengan kartu kredit adalah salah satu metode yang populer, pengguna memiliki beragam pilihan untuk memperoleh Bitcoin sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Dalam konteks investasi kripto, pemilihan metode pembelian harus didasarkan pada pertimbangan biaya, keamanan, dan kenyamanan pengguna. Masing-masing metode memiliki keuntungan dan risiko tersendiri, dan pemahaman yang baik tentang opsi yang tersedia akan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih bijak dalam berinvestasi dalam Bitcoin dan aset kripto lainnya.

(red/mii)

Baca Juga: BLT El Nino Rp400.000 Sudah Cair, Cara Cek Penerima BLT El Nino


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author