Saham Marvell Technology Turun akibat Proyeksi Laba dan Pendapatan Kuartal Pertama

by -2 Views
Saham Marvell Technology Turun
Saham Marvell Technology Turun

MEDIANVESTASI.id – Saham Marvell Technology Turun akibat Proyeksi Laba dan Pendapatan Kuartal Pertama. Saham Marvell Technology (MRVL) tergelincir 7% pada hari Jumat, sehari setelah produsen sirkuit terpadu tersebut mengumumkan proyeksi kuartal pertama yang lebih lemah dari yang diharapkan karena permintaan yang melonjak untuk chip kecerdasan buatan (AI) tidak mampu menutupi penurunan di bisnis lainnya. Marvell memperkirakan pendapatan per saham (EPS) yang disesuaikan untuk kuartal pertama akan menjadi $0,23, ditambah atau dikurangi $0,05. Angka tersebut jauh di bawah perkiraan. Perusahaan juga memperkirakan pendapatan sebesar $1,15 miliar, ditambah atau dikurangi 5%, juga meleset dari perkiraan.

Pada kuartal keempat, EPS yang disesuaikan perusahaan adalah $0,46, dengan pendapatan meningkat 0,6% menjadi $1,43 miliar. Kedua angka tersebut lebih dari yang diantisipasi. Penjualan turun di empat dari lima unitnya: jaringan perusahaan (-28%), infrastruktur pembawa (-38%), konsumen (-20%), dan otomotif/industri (-17%). Namun, penjualan di divisi pusat data, yang mencakup produk AI-nya, melonjak 54% menjadi $765,3 juta, menyumbang 54% dari total pendapatan Marvell.

CEO Matt Murphy tetap optimis, mengatakan bahwa meskipun perusahaan mengantisipasi permintaan yang lemah akan terus memengaruhi divisi konsumen, infrastruktur pembawa, dan jaringan perusahaan dalam jangka pendek, “kami mengharapkan penurunan pendapatan di pasar akhir ini sudah berlalu setelah kuartal pertama, dan memproyeksikan pemulihan di paruh kedua tahun fiskal.” Dia juga optimis tentang AI, mengatakan bahwa perusahaan mengharapkan “pertumbuhan berkelanjutan dalam pendapatan pusat data kami dengan pengiriman awal program silikon yang dioptimalkan untuk awan untuk AI kami yang melengkapi waralaba elektro-optik kami” pada kuartal pertama.

Saham Marvell Technology turun sekitar 7% menjadi $79,29 pada pukul 10:39 ET Jumat, tetapi naik sekitar 83% dalam setahun terakhir. Penurunan saham Marvell Technology (MRVL) merupakan sorotan utama dalam dunia pasar keuangan, terutama setelah pengumuman proyeksi laba dan pendapatan kuartal pertama yang mengecewakan. Meskipun ada lonjakan permintaan untuk chip kecerdasan buatan (AI), penurunan di sektor lainnya menyebabkan kinerja perusahaan terpengaruh secara keseluruhan.

Saham Marvell Technology Turun

Saham Marvell Technology turun sebesar 7% dalam satu hari perdagangan setelah pengumuman proyeksi kuartal pertama yang di bawah ekspektasi. Hal ini mencerminkan reaksi pasar yang kuat terhadap kinerja perusahaan, yang merupakan isyarat penting bagi investor dan pelaku pasar lainnya.

Proyeksi Laba dan Pendapatan yang Mengecewakan

Proyeksi laba dan pendapatan yang mengecewakan menjadi pemicu utama penurunan saham Marvell Technology. Meskipun pendapatan di divisi pusat data, termasuk produk AI, mengalami lonjakan signifikan, penurunan di unit-unit lainnya mengimbangi kenaikan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Marvell memiliki keunggulan dalam teknologi AI, masih ada tantangan dalam sektor lainnya yang perlu diatasi.

Optimisme CEO dan Proyeksi Masa Depan

Meskipun menghadapi tantangan saat ini, CEO Matt Murphy tetap optimis terkait masa depan perusahaan. Dia menekankan bahwa meskipun divisi konsumen, infrastruktur pembawa, dan jaringan perusahaan mungkin mengalami penurunan pendapatan dalam jangka pendek, perusahaan mengantisipasi pemulihan di paruh kedua tahun fiskal. Selain itu, ia menyoroti pertumbuhan berkelanjutan dalam pendapatan pusat data, terutama dengan pengiriman program AI yang dioptimalkan untuk awan.

Dampak Terhadap Investor dan Pelaku Pasar

Penurunan saham Marvell Technology memberikan dampak signifikan bagi investor dan pelaku pasar lainnya. Investor mungkin mempertimbangkan ulang strategi investasi mereka terkait saham ini, sementara pelaku pasar lainnya mungkin mengamati tren pasar secara lebih cermat untuk mengantisipasi perubahan lebih lanjut.

Kesimpulan

Penurunan saham Marvell Technology memunculkan banyak pertanyaan tentang kinerja perusahaan dan prospek masa depannya. Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, optimisme CEO dan potensi pertumbuhan di divisi pusat data memberikan sedikit harapan bagi pemulihan. Namun, tetap penting untuk mengikuti perkembangan lebih lanjut dalam hal ini untuk memahami dampaknya secara lebih luas di pasar keuangan.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author