,

Microsoft Mencabut Teams dari Paket Office di Seluruh Dunia Guna Mengatasi Kekhawatiran Antitrust

by -0 Views
Microsoft Mencabut Teams dari Paket Office
Microsoft Mencabut Teams dari Paket Office

MEDIAINVESTASI.id – Microsoft Mencabut Teams dari Paket Office di Seluruh Dunia Guna Mengatasi Kekhawatiran Antitrust. Microsoft dilaporkan berencana untuk menjual platform kolaborasi mereka, Teams, secara terpisah dari paket Office di seluruh dunia. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kekhawatiran antitrust yang mengemuka. Raksasa teknologi tersebut telah beralih untuk menjual Teams secara terpisah di Eropa tahun lalu untuk mengatasi kekhawatiran antitrust, dan sekarang akan membuat perubahan tersebut menjadi global.

Microsoft Mencabut Teams dari Paket Office

Perusahaan akan dapat mengubah langganan mereka mulai hari Senin ke paket Office tanpa Teams, atau hanya Teams saja, pernyataan dari perusahaan kepada Reuters mengungkapkan.

“Untuk memastikan kejelasan bagi pelanggan kami, kami memperluas langkah-langkah yang kami ambil tahun lalu untuk memisahkan Teams dari M365 dan O365 di Wilayah Ekonomi Eropa dan Swiss ke pelanggan di seluruh dunia,” kata juru bicara Microsoft seperti dikutip Reuters.

Teams pertama kali ditambahkan ke dalam paket Office pada tahun 2017, dan mendapatkan keuntungan dari lonjakan popularitas selama pandemi COVID-19.

Mulai hari ini, bisnis akan dapat menggunakan paket mereka yang sudah ada atau beralih ke konfigurasi baru ketika Teams dihapus dari Office. Harga Office tanpa Teams untuk pelanggan bisnis baru dapat berkisar dari $7.75 hingga $54.75, dengan Teams sendiri seharga $5.25, Reuters melaporkan.

Microsoft tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai perubahan ini.

Saham Microsoft naik 1.2% menjadi $425.68 pada pukul 10 pagi ET Senin. Mereka telah mengalami kenaikan hampir 15% sepanjang tahun ini dan lebih dari 48% dalam 12 bulan terakhir.

Langkah Microsoft ini tentu menjadi sorotan, mengingat Teams telah menjadi bagian integral dari paket Office selama beberapa tahun terakhir. Dengan memisahkan Teams dari Office, Microsoft berusaha untuk menjaga transparansi dan menanggapi keprihatinan tentang potensi monopoli atau penyalahgunaan posisi dominan di pasar.

Keputusan untuk menjual Teams secara terpisah juga dapat memberikan kebebasan lebih kepada pengguna dalam memilih layanan yang mereka butuhkan tanpa harus terikat dengan paket yang mungkin berisi fitur yang tidak mereka gunakan. Meskipun demikian, dampak dari perubahan ini terhadap penggunaan Teams di kalangan bisnis dan organisasi akan menjadi hal yang menarik untuk diamati.

Selain itu, langkah ini juga menggambarkan perubahan dalam dinamika pasar teknologi, di mana perusahaan semakin berhati-hati dalam menangani isu antitrust, terutama di tengah dorongan regulator untuk memastikan persaingan yang sehat dan adil dalam industri teknologi yang semakin dominan.

Dengan memisahkan Teams dari paket Office, Microsoft juga membuka peluang baru untuk mengubah strategi penjualan mereka dan menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Hal ini dapat menghasilkan dampak jangka panjang yang signifikan pada struktur pasar dan dinamika persaingan di industri teknologi informasi dan komunikasi.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author