Panduan Praktis Menabung Saham di BNI Sekuritas BIONS

by -1 Views
Panduan Praktis Menabung Saham di BNI Sekuritas BIONS
Panduan Praktis Menabung Saham di BNI Sekuritas BIONS

MEDIAINVESTASI.id – Panduan Praktis Menabung Saham di BNI Sekuritas BIONS. Menabung saham menjadi salah satu pilihan investasi menarik bagi mereka yang ingin memulai perjalanan keuangan dengan modal yang terjangkau. BNI Sekuritas BIONS menyediakan platform yang memudahkan para investor untuk menabung saham secara online melalui aplikasi BIONS.

Panduan Praktis Menabung Saham di BNI Sekuritas BIONS

Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara menabung saham di BNI Sekuritas BIONS:

1. Unduh Aplikasi BIONS di PlayStore

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi BIONS melalui PlayStore di ponsel Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli saham secara mudah dan cepat tanpa perlu pergi ke kantor broker.

2. Buka Rekening Saham

Setelah mengunduh aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuka rekening saham. BNI Sekuritas memungkinkan nasabah untuk membuka rekening secara online melalui aplikasi. Persiapkan dokumen-dokumen seperti e-KTP, NPWP, dan akun bank pribadi untuk proses pendaftaran.

Proses pembukaan rekening saham melibatkan registrasi dan pengisian data pribadi di aplikasi. Verifikasi data diri dilakukan dengan foto selfie dan tandatangan. Setelah berhasil, nasabah akan memiliki dua rekening, yaitu rekening Efek di Perusahaan Efek dan RDN (Rekening Dana Nasabah) di Bank.

3. Dapatkan SID Nasabah

Setelah menyelesaikan pendaftaran, nasabah akan mendapatkan SID, SRE, dan Nomor RDN melalui email. SID (Single Investor Identification) merupakan NIK di pasar saham dan digunakan untuk pengecekan kepemilikan instrumen pasar modal secara terpusat di KSEI. SID tetap sama meskipun nasabah pindah sekuritas.

4. Hitung Jumlah Dana yang Akan Ditabung di Saham

Sebelum mulai menabung saham, hitung berapa besar dana yang ingin Anda investasikan setiap bulan. Tentukan alokasi dana berdasarkan penghasilan bulanan dan rencana investasi Anda.

5. Deposit Uang ke RDN

Setelah membuka rekening, langkah berikutnya adalah melakukan deposit uang ke Rekening Dana Nasabah (RDN). Uang yang ditransfer ke RDN akan digunakan untuk melakukan transaksi pembelian saham. Pastikan untuk mengecek saldo RDN di bank guna memastikan bahwa deposit berhasil terkirim.

Minimum transaksi beli saham di BIONS dapat dimulai dari Rp 100 ribu, tetapi nilai pembelian tergantung pada harga saham yang dibeli.

Baca Juga: Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Panduan Lengkap untuk Investor Pemula

6. Cek Kode Saham

Sebelum melakukan transaksi jual beli saham, pastikan untuk mengetahui kode saham yang akan Anda beli. Kode saham digunakan dalam semua kebutuhan transaksi di bursa saham.

7. Analisa Saham

Sebelum membeli saham, lakukan analisis terlebih dahulu. Analisis saham dapat dilakukan secara fundamental, dengan fokus pada laporan keuangan perusahaan, atau secara teknikal, dengan memperhatikan pergerakan harga saham. Aplikasi BIONS menyediakan berbagai tools untuk analisis saham secara gratis.

8. Order Beli Saham

Masuk ke aplikasi BIONS dan pilih menu “Stock.” Kemudian, pilih “Simple Buy” dan masukkan kode saham yang ingin Anda beli. Tentukan jumlah lot (1 lot = 100 lembar saham) dan harga pembelian. Ada dua jenis order, yaitu Market Order dan Limit Order. Market Order akan dieksekusi pada harga saat itu, sedangkan Limit Order menunggu di antrian.

9. Amend

Jika ada perubahan pada order yang sudah diajukan, Anda dapat menggunakan fitur Amend. Masuk ke Order Book, temukan order yang ingin diubah, dan lakukan perubahan harga atau jumlah lot. Klik “Submit” untuk menyimpan perubahan.

10. Withdraw

Jika Anda ingin membatalkan order saham, gunakan fitur Withdraw. Temukan order yang ingin dibatalkan di Order Book, klik ikon kotak sampah, dan klik “Submit” untuk pembatalan order.

Baca Juga: Dampak Akuisisi OCBC terhadap Peta Perbankan Indonesia dan Strategi Penguatan Pasar

11. Monitor Portofolio

Cek portofolio saham Anda secara berkala di menu “Portfolio” pada aplikasi BIONS. Anda dapat melihat saham yang dimiliki, nilai portofolio, serta keuntungan atau kerugian dari saham tersebut.

12. Order Jual Saham

Jika Anda ingin menjual saham, masuk ke menu “Stock,” pilih “Simple Sell,” dan masukkan kode saham yang akan dijual. Tentukan jumlah lot dan harga penjualan. Pilih antara Market Order atau Limit Order, sesuai keinginan Anda.

13. Tarik Uang (Cashout/Withdraw)

Setelah berhasil menjual saham, hasil penjualan akan masuk ke Rekening Dana Nasabah (RDN). Anda dapat menarik uang tersebut ke rekening pribadi Anda. Proses ini memakan waktu T+2, di mana uang akan masuk ke rekening RDN dalam dua hari kerja.

14. Cek Portofolio di KSEI

Terakhir, untuk memastikan kepemilikan saham dan portofolio, cek laporan di KSEI. Laporan ini dapat memberikan konfirmasi bahwa laporan di BNI Sekuritas akurat.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menabung saham secara efektif melalui BNI Sekuritas BIONS. Selamat menabung saham dan kembangkan investasi Anda dengan bijak!

(red/mii)

Baca Juga: 10 Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia

Author