Cara Monetisasi YouTube Shorts: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Penghasilan dari Video Pendek

by -5 Views
Cara Monetisasi YouTube Shorts
Cara Monetisasi YouTube Shorts

MEDIAINVESTASI.id – Cara Monetisasi YouTube Shorts: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Penghasilan dari Video Pendek. YouTube Shorts, Instagram Reels, dan TikTok telah menjadi fenomena besar dalam ranah media sosial, menarik perhatian jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, apakah Anda tahu bahwa Shorts di YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para pembuat konten? Dalam laporan Video Marketing 2023 dari Hubspot, disebutkan bahwa konten video pendek memiliki tingkat keterlibatan dan ROI (Return on Investment) yang lebih tinggi daripada jenis video lainnya. Ini menjadikan Shorts penting dan menguntungkan bagi merek dan pembuat konten.

Cara Monetisasi YouTube Shorts

Mengetahui Bagaimana YouTube Menghadiahi Pembuat Konten Shorts

Ya, pembuat konten dapat menghasilkan uang dari YouTube Shorts. Pada awalnya, Shorts tidak termasuk dalam Program Mitra YouTube (YPP), namun sekarang semua konten video bisa dimonetisasi. YouTube membalas pembuat konten Shorts dengan sistem pembagian pendapatan yang dihasilkan dari iklan Shorts yang mereka tampilkan di antara video-video di feed.

Bagaimana Monetisasi Shorts di YouTube Bekerja?

  1. Penjualan Iklan: YouTube menjual ruang iklan kepada perusahaan dan menampilkan iklan di antara video di feed Shorts.
  2. Pengumpulan Pendapatan: YouTube mengumpulkan semua pendapatan dari iklan yang ditampilkan di feed Shorts. Pendapatan yang terkumpul kemudian didistribusikan di antara pembuat konten.
  3. Alokasi Dana Awal: YouTube mengalokasikan sebagian pendapatan Shorts untuk kolam dana pembuat dan sebagian lagi untuk biaya lisensi musik.
  4. Alokasi Dana Musik: Jika konten seorang pembuat memiliki satu trek musik, setengah dari dana YouTube Shorts yang terkait akan digunakan untuk biaya penggunaan musik dan setengahnya lagi akan masuk ke kolam pembuat.
  5. Alokasi Dana Pembuat: YouTube mengalokasikan dana kolam pembuat berdasarkan persentase tayangan yang dihasilkan pembuat dari konten Shorts mereka selama periode waktu tertentu.
  6. Pembayaran Dana: Setiap pembuat akan dibayar 45% dari pendapatan yang diatribusikan kepada mereka. YouTube menyimpan sisanya, yaitu 55% dari dana kolam pembuat.

Penting untuk diketahui bahwa video yang melanggar pedoman kekayaan intelektual, seperti konten yang diposting ulang yang dimiliki oleh pembuat lain dan klip tanpa diedit dari acara TV atau film, tidak memenuhi syarat untuk dimonetisasi.

Persyaratan Kelayakan Monetisasi YouTube Shorts

Untuk memonetisasi YouTube Shorts, pembuat konten harus terdaftar dalam Program Mitra YouTube. Ada dua tingkat monetisasi dalam Program Mitra YouTube, masing-masing dengan ambang batas dan peluang pendapatan yang berbeda.

Akses Pendanaan Penggemar: Akses ini memungkinkan pembuat menjual produk di YouTube dan membuka fitur pendanaan penggemar seperti keanggotaan saluran berbayar, Super Chat, Super Stickers, dan Super Thanks. Untuk mendaftar ke program ini, Anda harus memiliki salah satu dari berikut ini:

  • 500 pelanggan, ditambah tiga pos publik dalam 90 hari terakhir, dan tiga juta tayangan Shorts publik yang valid dalam 90 hari terakhir.
  • 500 pelanggan dan tiga pos publik dalam 90 hari terakhir, ditambah 3.000 jam tayangan publik yang valid pada video berdurasi panjang dalam 12 bulan terakhir.

Pendapatan Iklan dan Akses Pendanaan Penggemar: Selain pendanaan penggemar, pembuat juga mendapatkan pendapatan iklan (termasuk monetisasi YouTube Shorts) dan pendapatan dari pelanggan YouTube Premium. Untuk mendaftar ke program ini, Anda harus memiliki salah satu dari berikut ini:

  • 1.000 pelanggan, ditambah 10 juta tayangan Shorts publik dalam 90 hari terakhir.
  • 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tayangan publik pada video berdurasi panjang dalam 365 hari terakhir.

Setelah Anda memenuhi salah satu ambang batas ini, Anda dapat mendaftar ke Program Mitra YouTube. YouTube akan meninjau saluran Anda dan menentukan kelayakan Anda, sebuah proses yang biasanya memakan waktu sekitar sebulan.

Cara Memulai Memonetisasi YouTube Shorts

Setelah Anda diterima dalam Program Mitra YouTube, Anda perlu menerima Modul Monetisasi Shorts untuk mulai menghasilkan dana. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Masuk ke YouTube Studio.
  2. Pilih Earn dari menu kiri.
  3. Terima Modul Monetisasi Shorts.
  4. Jika Anda belum menerima Modul Persyaratan Dasar, terimalah juga itu.

Pendapatan Rata-rata dari YouTube Shorts

YouTube meluncurkan model pembagian pendapatan iklan Shorts pada Februari 2023 dengan upaya untuk menyederhanakan proses lisensi musik dan memungkinkan pembuat konten menghasilkan lebih banyak uang di platform tersebut. Berbagai laporan menyebutkan bahwa YouTube Shorts memiliki RPM (revenue per mille) yang jauh lebih rendah, yaitu antara 1¢ dan 7¢ per 1.000 tayangan, dibandingkan dengan video berdurasi panjang yang biasanya menghasilkan $1 hingga $20 RPM.

Berikut contoh cara monetisasi YouTube Shorts bisa berfungsi untuk merek atau pembuat konten:

Anda mengunggah video Shorts di Amerika Serikat dan video tersebut menerima satu juta tayangan dalam sebulan. Ada 400 juta tayangan Shorts total pada video yang diunggah oleh pembuat yang menghasilkan uang di Amerika Serikat bulan itu, dan YouTube mendapatkan $200.000 dari iklan yang muncul di feed Shorts. Dari Shorts yang dimonetisasi yang ditonton, 30% tidak menggunakan musik, 30% menggunakan satu trek musik, dan 40% menggunakan dua trek musik. YouTube mengalokasikan uang ke kolam dana pembuat berdasarkan tayangan per Shorts. Dalam contoh ini, tayangan tersebar merata di semua Shorts. YouTube akan mengalokasikan:

  • 100% dari pendapatan yang diperoleh dari video tanpa musik ke kolam pembuat
  • 50% dari pendapatan yang diperoleh dari video yang menggunakan satu trek ke kolam pembuat
  • 33% dari pendapatan yang diperoleh dari video yang menggunakan dua trek ke kolam pembuat Dalam hal ini, YouTube mengalokasikan $116.400 ke kolam pembuat dan sisanya ke dana lisensi musik.

Tayangan Anda satu juta video memperoleh 0,25% dari total tayangan Shorts yang dimonetisasi bulan itu, sehingga bagian Anda dari dana pembuat adalah $291. YouTube akan membayar Anda 45% dari bagian pendapatan Anda dari kolam pembuat, atau $130,95. Pembuat YouTube mengevaluasi pendapatan menggunakan RPM. Dalam hal ini, RPM Anda akan menjadi 13¢, atau $131,85 per 1.000 tayangan.

Cara Lain untuk Menghasilkan Uang dengan YouTube Shorts

Meskipun berpartisipasi dalam Program Mitra YouTube adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pendapatan iklan dari Shorts, bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang sebagai pembuat Shorts. Berikut adalah daftar ide untuk menghasilkan uang:

  • Jual keanggotaan berlangganan: Mengaktifkan keanggotaan saluran YouTube memungkinkan Anda untuk menagih pembayaran bulanan sebagai imbalan dari keuntungan seperti konten eksklusif, obrolan langsung, lencana, dan emoji.
  • Monetisasi siaran langsung: YouTube memungkinkan pembuat untuk memonetisasi siaran langsung menggunakan Super Chat dan Super Stickers, yang memungkinkan penggemar membayar untuk mengirim pesan yang disorot atau stiker animasi dalam obrolan siaran langsung.
  • Jual merchandise dan produk: Pembuat dan merek dapat menghasilkan uang dengan menjual merchandise secara online. Anda dapat menjual merchandise bermerk atau meluncurkan lini produk yang terkait dengan niche konten Anda.
  • Bergabung dengan program afiliasi: Bergabung dengan program afiliasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui tautan afiliasi unik.
  • Mendapatkan kemitraan merek berbayar: Dengan membangun basis penggemar yang kuat dan keterlibatan tinggi, Anda dapat menarik perhatian merek dan menjalin kemitraan berbayar dengan mereka.

Dengan demikian, YouTube Shorts tidak hanya memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam video pendek yang menarik, tetapi juga menjadi sumber potensial penghasilan yang signifikan bagi mereka yang berdedikasi untuk membangun dan mengelola saluran mereka. Dengan memahami cara monetisasi Shorts dan menjalankan strategi pemasaran yang efektif, siapa pun dapat mengambil langkah menuju kesuksesan di platform video populer ini.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author