3 Komoditas Investasi Terbaik Tahun 2024 untuk Diversifikasi Portofolio

by -1 Views
Komoditas Investasi Terbaik Tahun 2024
Komoditas Investasi Terbaik Tahun 2024

MEDIAINVESTASI.id -Komoditas Investasi Terbaik Tahun 2024. Para investor yang cerdas tahu bahwa tidak bijaksana untuk meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Meskipun mungkin tidak menghilangkan risiko sepenuhnya, mendiversifikasi portofolio investasi Anda dapat membantu Anda mencapai tujuan investasi Anda dengan memaksimalkan pengembalian.

Ada banyak kendaraan investasi yang berbeda untuk Anda pilih, termasuk saham, obligasi, dana investasi yang berfokus pada komoditas, futures, dan mata uang. Ini dapat dibagi lebih lanjut, mengelompokkan aset yang memiliki karakteristik yang sama: saham kapitalisasi besar, sektor keuangan, dan obligasi pemerintah hanya beberapa contoh.

Komoditas Investasi Terbaik Tahun 2024

Dan jangan lupakan komoditas. Ini adalah barang dasar yang dapat diubah menjadi barang dan layanan lain. Ada sejumlah investasi komoditas yang berbeda baik untuk pedagang baru maupun berpengalaman. Tapi sebelum Anda melompat ke dalamnya, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang investasi komoditas, termasuk yang terbaik untuk dipertimbangkan.

Cara Investasi dalam Komoditas

Anda dapat berinvestasi dalam minyak, emas, atau logam dasar dengan membeli saham individual, dana pertukaran (ETF), atau dana investasi yang fokus pada sektor-sektor tersebut. Tetapi ada cara lain untuk melakukannya:

  • Futures minyak merupakan favorit para pedagang harian dan dibeli serta dijual melalui perusahaan pialang yang mengkhususkan diri dalam perdagangan futures. Ini adalah barang yang sangat volatile dan bukan untuk yang lemah hati.
  • Investor emas dapat membeli batangan, koin, atau perhiasan, dan menyimpannya di dalam brankas penyimpanan.
  • Logam dasar seperti aluminium, seng, dan tembaga hanya bernilai dalam jumlah besar. Cara terbaik untuk berinvestasi di dalamnya adalah melalui saham produsen seperti Alcoa dan U.S. Steel, atau melalui ETF.

Apa itu Investasi Komoditas?

Perdagangan komoditas telah ada selama berabad-abad, bahkan sebelum saham dan obligasi ditukar tangan. Ini adalah bisnis yang sangat penting, menghubungkan berbagai budaya dan orang. Dari rempah-rempah dan sutra di masa lalu hingga bursa tempat aset-aset ini sekarang diperdagangkan, komoditas masih merupakan kendaraan investasi populer.

Manfaat utama dari berinvestasi dalam komoditas adalah kenyataan bahwa mereka cenderung melindungi investor dari efek inflasi. Secara umum, permintaan komoditas cenderung tinggi selama periode inflasi tinggi, yang mendorong harga naik. Ini juga merupakan taruhan yang baik melawan dolar AS; jadi ketika greenback turun, harga komoditas naik.

Risiko Unik

Hal yang perlu diingat adalah bahwa komoditas cenderung jauh lebih volatile daripada jenis investasi lainnya, terutama dana yang melacak satu komoditas atau sektor ekonomi tertentu.

Futures juga datang dengan risiko unik mereka sendiri yang harus dikelola secara independen dari komoditas yang mendasarinya. Pasar futures diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

Minyak Mentah

Jika Anda mempertimbangkan minyak mentah, penting untuk mengetahui apa yang membentuk harga dan bagaimana Anda bisa berinvestasi dalam komoditas ini. Setelah diproduksi, minyak mentah diolah menjadi berbagai produk berbeda, termasuk bahan bakar bensin yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Tetapi tidak hanya bahan bakar. Produk yang terbuat dari minyak bumi termasuk plastik, obat-obatan, linoleum, genteng, tinta, kosmetik, serat sintetis, pelarut, pupuk, aspal, dan ribuan lainnya.

Emas

Pasar emas memiliki keragaman dan pertumbuhan. Ini digunakan dalam perhiasan, teknologi, oleh bank sentral, dan investor, yang menyebabkan pasar tersebut tumbuh pada waktu yang berbeda dalam ekonomi global. Logam mulia ini secara tradisional merupakan investasi yang aman dan lindung nilai terhadap inflasi. Ketika dolar AS turun, Anda dapat bertaruh harga emas akan naik.

Logam Dasar

Logam dasar adalah logam umum yang digunakan dalam aplikasi komersial dan industri, seperti konstruksi dan manufaktur. Aluminium, seng, dan tembaga adalah contoh yang baik. Mereka relatif murah, dan pasokannya umumnya stabil karena mereka biasanya ditemukan di seluruh dunia.

Apa yang Harus Dilakukan?

Cara terbaik untuk berinvestasi dalam komoditas adalah melalui ETF komoditas. ETF memungkinkan perdagangan yang mudah karena dibeli seperti saham, memberikan diversifikasi, tidak diperdagangkan dengan margin seperti futures, dan biasanya memiliki rasio biaya yang rendah.

Kesimpulan

Seperti investasi lainnya, komoditas memiliki risikonya sendiri tetapi masih bisa menjadi cara yang bagus untuk mendiversifikasi portofolio Anda jika Anda memahami berbagai aspek dari komoditas di mana Anda memilih untuk berinvestasi.

(red/mii)

Baca Juga: Bitcoin Tembus di Atas $56K, Penyebab Kenaikan Harga Bitcoin


*) Follow Official WhatsApp Channel Media Investasi untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar Ekonomi, Saham dan Cryptocurrency dengan mengklik tautan ini.


Author